Al-Nakirah wa Al-Ma'rifah

  • Azizul Hakim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini membahas kajian ilmu Nahu atau gramatika bahasa Arab. Ilmu Nahu merupakan disiplin ilmu bahasa Arab yang mendapat perhatian serius para ulama. Hal itu terbukti dengan banyaknya kajian yang melahirkan sederetan karya monumental. Pada tulisan ini penulis fokus membahas satu dari delapan bagian ism dalam kaidah s}arf. Pembagian dimaksud dari segi kejelasan ism yang terbagi ke dalam 2 bagian yaitu nakirah dan ma‘rifah. Masalah pokok yang penulis bahas dalam tulisan ini adalah pengertian nakirah dan ma‘rifah, macam-macam ma‘rifah serta penjelasan masing-masing dari kata-kata yang tergolong kategori ma‘rifah. Kesimpulan dari tulisan ini bahwa nakirah adalah kata benda yang tidak/belum tertentu. Adapun ma’rifah adalah kata benda yang sudah tertentu (jelas). Nakirah bersifat umum sedangkan ma’rifah bersifat khusus. Ma’rifah itu ada tujuh macam yaitu ism d}ami>r (kata ganti), ism ‘alam (nama tertentu), ism isya>rah (kata tunjuk), ism maus}u>l (kata penghubung), al-mu’arraf bi al-alif wa al-lam (isim yang beralif lam), id}a>fah (kata yang bersandar pada kata yang ma‘rifah) dan muna>da> (kata yang dita‘rif dengan nida>’). Kata-kata yang tergolong ma‘rifah tersebut akan dijelaskan secara rinci dalam pembahasan artikel ini

References

‘Adas, Muhammad ‘Abdurrahim. Al-Wadih fi Qawaid al-Nahwi wa al-Sarfi. Cet. I; Oman: Dar Majdalawi, 1990.

al-Baijuri, Ibrahim. Fath Rabb al-Bariyyah ‘ala al-Durrah al-Bahiyyah Nuzm al-Ajrumiyyah. Surabaya: Al-Hidayah, t.t..

al-Gulayaini, Mustafa. Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah. Juz I. Cet. XXIX; Beirut: Al-Maktabah al-‘Asriyyah, 1994 M/1415 H.

al-Hasyimi, Ahmad. Al-Qawaid al-Asasiyyah li al-Lugah al-‘Arabiyyah. Cet. III; Beirut-Libnan: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1427 H/2007 M.

Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Al-‘Asri: Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Cet. VIII; Yogyakarta: Multi Karya Grafika Pondok Pesantren Krapyak, 2003.

al-Jurjani, ‘Ali ibn Muhammad. Kitab al-Ta‘rifat. Cet. III; Beirut-Libnan: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1988 M/1408 H.

al-Rajihi, ‘Abduh. Al-Tatbiq al-Nahwi. Beirut: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah, 1405H.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010., dikutip dalam Sabah Ghazzawi, The Arabic Language. Washington D.C: Center for Contemporary Arab Studies, 1992.

Baalbaki, Rohi. Al-Mawrid: A Modern Arabic-English Dictionary. Cet. VII; Beirut-Lebanon: Dar el-‘Ilm Lilmalayin, 1995.

Hasyim, Ahmad, ‘Ali Sultan, dan Hasan al-Sya‘ir. Muzakkarat al-Nahwi. t.t: t.p, 1410 H.

Munawir, Ahmad Warson. Al-Munawwir; Kamus Arab-Indonesia. Cet. IV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Raya, Ahmad Thib dan Musdah Mulia. Al-Asas fi al-Lugah al-‘Arabiyyah (Pangkal Penguasaan Bahasa Arab). Cet. III; Ujung Pandang: CV. Berkah Utami, 1999.

Rida, ‘Ali. Al-Marji’ fi al-Lugah al-‘Arabiyyah Nahwiha wa S}arfiha, Juz 1. t.t; Da>r al-Fikr, t.th.

Published
2022-06-28
Abstract viewed = 339 times