Pengaruh Penerapan Metode Langsung terhadap Kemampuan Bercakap Bahasa Arab Mahasiswa Program Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) UIN Alauddin Makassar

  • Rappe Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rina Dian Rahmawati Universitas KH A Wahab Hasbullah Jombang
    (ID)
Keywords: Bahasa Arab; Metode Pembelajaran; Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bercakap bahasa Arab mahasiswa Program Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) yang diajar dengan menggunakan metode Langsung, kemudian dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar tanpa menggunakan metode Langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh mahasiswa PIBA UIN Alauddin Makassar tahun akademik 2019/2020. Adapun cara penarikan sampelnya adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas yang memiliki kemampuan awal bercakap bahasa Arab yang hampir sama yaitu kelas PGMI A dan PGMI B. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas PGMI A dan kelas kontrol adalah kelas PGMI B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal-soal percakapan bahasa Arab yang berbasis materi ajar PIBA. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif inferensial t-test (uji t). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji independent sample t-test dengan taraf signifikan a = 0,05, diperoleh hasil pengolahan data dengan nilai sig = 0,036 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima karena nilai sig < α (0,036 <  0,05). Jadi, dengan demikian hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemahiran bercakap bahasa Arab antara mahasiswa PIBA UIN Alauddin Makassar yang diajar menggunakan metode langsung dengan yang diajar tanpa menggunakan metode langsung (terdapat pengaruh penerapan metode langsung terhadap kemahiran bercakap bahasa Arab Mahasiswa PIBA UIN Alauddin Makassar).

References

al-Ahmad al-rasyid, Muhammad. Waqai’ Nadwat al-Lughah al-Arabiyah Lighair al-Nathiqin Biha, Juz II; Maktab al-Tarbiyah al-Arabiyah Lidduwal al-Khalij.

Ansor, A. Muhtadi. Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya.Yogyakarta: Teras,2009.

Ali Yunus, Fathiy dkk, Asasiyat Ta’lim al-Lughat al-Arabiyah wa al-tarbiyah al-diniyah. Kairo: Dar al-Tsaqafat, 1981

Dermawan, Hendro. Kamus Ilmiyah Popular Lengkap Dengan EYD Dan Pembentukan Istilah Serta Akronim Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Bintang Cemerlang,2011.

Digilib.uin.suka.ac.id/4226/4 April 2017. 09 Agustus 2019.

Etheses.uinmataram.ac.id .09 Agustus 2019

Eprints.ums.ac.id. 09 Agustus 2019

Freankel, Jack R dan Norman E, Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc Grow-Hill Inc, 2006

G. Arsjad, Maidar dan Mukti. U.S., Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Cet; IV Jakarta Erlangga, 1993.

https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/khadimulummah/article/view/1417(09 Agustus 2019).

Hermawan, Acep. Metodology Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya,2014.

Hidayat, Komaruddin. Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermaneutik. Cet. I; Jakarta: Piramida, 1996.

Kartikasari, Eni. JurnalMeningkatkan Kemampuan Berbicara SiswaMelalui Drill Repetition. Pontianak: 2014.

Murtiani, Desti. jurnalanalisis pengulangan kata (reduplikasi )dalam artikel motivasi di www. Andriewonso. Com (2013)

Rusyan, Tabrani. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Rosdakarya 1994.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian, Panduan bagi Peneliti Pemula. Cet. I; t.t.: Sibuku, 2018.

Sugiono. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Metodolgi). Cet.I; Bandung: Alfabeta,2011.

Subyakto, Sri Utari Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Cet. II; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Tarigan, Henry Guntur. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1988.

Zaenuddin, Radliyah dkk. Metodologi & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet.I; Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Published
2022-12-12
Abstract viewed = 235 times