Perencanaan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Al Binaa Putri

  • Nuralim Nuralim Pondok Pesantren AL BINAA
    (ID)
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun
    (ID)
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun
    (ID)
Keywords: Bahasa Arab; Pendidikan Karakter; Perencanaan

Abstract

Problematika pendidikan yang cukup mendasar dewasa ini adalah adanya lembaga pendidikan yang lebih menitik beratkan aspek knowledge dan kurang memperhatikan aspek fundamental pendidikan yaitu pembentukan karakter dan akhlak. Problem ini dapat diselesaikan jika, setiap lembaga pendidikan dan para tenaga pendidiknya bersinergi untuk merancang proses pembelajarannya di semua bidang studinya berorientasi kepada pengembangan karakter dan penenaman akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT AL BINAA Putri, Bekasi Jawa Barat. Metode yang ditempuh penulis dalam melakukan penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, penyebaran angket dan pengamatan lapangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini memiliki perencanaan yang mengintegrasikan ilmu dan pendidikan karakter dan akhlak yang didasarkan pada visi dan misi yang ditetapkan oleh sekolah. Perencanaan pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP IT AL BINAA terdiri atas tiga tahap. Pertama, tahap penentuan visi, misi dan penentuan nilai karakter yang ingin dicapai. Kedua, perencanaan strategi pelaksanaan pendidikan karakter. Ketiga, tahap evaluasi yang diwujudkan dengan penilian dalam proses KBM, perlombaan dan supervisi. Adapun karakter yang dikembangkan adalah sikap percaya diri, mandiri, komunikatif, kreatif, gemar membaca, tanggung jawab, menghargai orang lain dan menumbuhkan rasa keingintahuan.

References

al-Mubarakfuri, Safiyy al-Rahman. 1418. Al-Rahiq al-Makhtum. Riyad: Dar al-Salam .

Andriani, Asna. 2015. "Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam." Ta'allum 40-41.

Bambang Samsul Arifin, A. Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia,.

Erma Pawitasari, Endin Mujahidin, Nanang Fattah. 2015. "PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PERSPEKTIF ISLAM." Ta'dibuna Jurnal Pendidikan Islam 3.

Hanifah, Umi. 2014. "PENTINGNYA BUKU AJAR YANG BERKUALITAS." At-Tajdid Jurnal Ilmu Tarbiyah 100.

Muhammad Syamsid Harimulyo, Benny Prasetiya, Devy Habibi Muhammad. 2021. "Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya,." Jurnal Penelitian Ipteks 72-89.

Nadzir, M. 2013. " Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter." Jurnal Pendidikan Agama Islam 341-342.

Nata, Abudin. 2021. Kebijkan Pendidikan Islam dan Pendidikan Umum di Indonesia. Depok: Rajawali Pers.

Nesia Andriana, Endin Mujahidin, Didin Hafidhuddin. 2021. "Indikator sikap karakter disiplin siswa berbasis hadis-hadis." Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam 468.

Rifal Efendi, Azhar Arsyad, Munir. 2021. " Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar." Shaut Al-‘Arabiyah 203.

Rofi'I, Achmad. 2018. "Metode Rasulullah Dalam Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur'an." Disertasi Program Studi Ilmu al-Qur'an 276.

Sofyan Mustoip, Muhammad Japar, Zulela Ms. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya : Jakad Publishing .

Suardi, Moh. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Suryapermana, Nana. 2017. "Manajemen Perencanaan Pembelajaran." Tarbawi 183.

Venia Nuzulul, Adila. 2022. " Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Humanistik Perspektif Paulo Freire." Shaut Al-‘Arabiyah 70.

Venia Nuzulul, Adila. 2022. "Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan." Shaut Al-‘Arabiyah 70.

Zulfiah Sam, Saadal Jannah, Wahyuni Ishak. 2021. "Ilmu Nahwu Dan Pengaruhnya Terhadap Istinbat Hukum Fikih." Nukhbatul ‘Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam 43.

Zuliana, Erni. 2017. "Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ." An-Nâbighoh 154.

Published
2024-06-21
Abstract viewed = 32 times