Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI IKA di MAS DDI Pattojo Kabupaten Soppeng

  • Sulkifli Idrus Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamka Ilyas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidetifikasi berbagai kesulitan-kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh peserta didik kelas XI IKA di MAS DDI Pattojo Kabupaten Soppeng. Kesulitan-kesulitan tersebut akan dianalisis dan selanjutnya berupaya mencari solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) kesulitan belajar bahasa Arab yang dihadapi oleh peserta didik kelas  XI IKA di MAS DDI Pattojo Kabupaten Soppeng terdiri dari: faktor intern (sikap belajar peserta didik, kurangnya motivasi, konsentrasi belajar, bakat peserta didik). Faktor ekstern (guru, lingkungan, kurikulum, sarana dan prasarana). (2) Upaya mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab peserta didik kelas  XI IKA di MAS DDI Pattojo Kabupaten Soppeng antara lain: dari pihak pendidik dengan menjelaskan serta memotivasi  peserta didik tentang pentingnya belajar bahasa Arab, serta kelebihan-kelebihan bahasa arab dibandingkan dengan bahasa asing lainnya, supaya peserta didik tidak menganggap bahwa belajar bahasa arab sebagai beban justru sebagai kebutuhan untuk masa depannya sendiri. Olehnya peserta didik diharuskan untuk mempunyai perhatian yang lebih untuk mempelajari bahasa Arab. Peserta didik dianjurkan untuk mencopy buku bahasa Arab  memiliki kamus bahasa Arab. Meskipun sarana dan prasarana masih sangat kurang tetapi guru akan berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah ada agar tercipta bakat peserta didik dalam menguasai bahasa Arab. Dari pihak peserta didik sendiri, Peserta didik bertanya kepada teman yang pintar, mencari sendiri jawabannya di internet atau bertanya langsung ke guru. Peserta didik menanyakan kepada guru seberapa penting mempelajari bahasa arab untuk mendapatkan penjelasan dasar sekaligus motivasi dari guru. Peserta didik merenggangkan tubuh, berwudhu atau mencuci muka untuk mengembalikan konsentrasinya terhadap pembelajaran yang disampaikan guru.

References

A, Hallen. Bimbingan dan Konseling. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Daradjat, Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara, 2000.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data,. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Hermawan, Asep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

RI, Departemen Agama. al-Quran dan Terjemahannya. Surabaya: Halim, 2003.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media bekerja sama dengan FIP dan UNY, 2008.

Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga, 2013.

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Published
2024-05-06
Abstract viewed = 122 times