Implementasi Teori Wihda dan Furu’iyah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern dan Shalaf Sulawesi Selatan

  • Amrah Kasim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abdul Rahman Sakka Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baso Pallawagau Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abdul Rahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Teori wihdah;  Teori furu‟iyah; Pesantren salaf; Pesantren moderen

Abstrak

Penelitian ini membahas penerapan teori wihdah (All in one System) dan furuiyah dalam pengajaran bahasa arab di pondok pesantren modern dan salaf yang ada di Sulawesi Selatan. Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui efesiensi penggunaan teori wihdah dan furu‟iyah dalam pengajaran bahasa arab di pondok pesantren modern dan salaf yang ada di Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif dan bercorak rasionalistik. Jenis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan kemampuan membangun argument. Datanya bukan empirik indrawi melainkan pikiran-pikiran, pendapat, teori-teori yang dikonstruk dengan tata logika tertentu, biasa dalam bentuk genetik histori, tekstual, kontekstual, intekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nazariyah al-Wihdah sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Ummul Mukminin Makassar, meskipunpun ada kendala di dalamnya. Hal ini sesuai dengan pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab yang diharapkan. Sedangkan penerapan nazariyah al-Furu dalam penguasaan maharat al-lugah di pondok pesantren DDI Abdurrahman Ambo Dalle Mangkoso dalam penguasaan maharat al-Lugah merupakan tuntunan dalam mencapai tujuan pembelajaran agar santri dapat membaca buku teks berbahasa Arab, disamping itu pula pemberlakuan nazariyah al-Furu diberlakukan karena dianggap merupakan amanah dari pendiri lembaga.

Kata kunci : Teori wihdah;  Teori furuiyah; Pesantren salaf; Pesantren moderen

Referensi

Asyrofi, Syamsuddin, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006)

Effendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, IV (Malang: Misykat, 2009)

Fachrurrozi, Aziz, and Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional Dan Kontemporer, ed. by Mu’azzizah (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Izzan, Ahmad, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Humaniora, 2009)

Kafrawi, Akrom Malibary, Achmad Basyar, Partosentono, Abd Hafizh Dasuki, Zaini Muchtarom, and others, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN

‘Konsep Nadzariyyah Al-Wihdah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Al-Ta’dib, 8.1 (2015), 167–79 <https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results>

Madjidi, Busyairi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Penerapan Audio Lingual Method Dalam All In One System (Yogyakarta: Sumbangsih Offset, 1994)

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996)

Nababan, Sri Utari Subyakto, Metodologi Pengajaran Bahasa (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999)

Richard, Jack C., The Language Teaching Matrix (Cambridge: Cambridge University Press, 1990)

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, VII (Jakarta: Rajawali Pers, 2018)

Sari, Rina, Pembelajaran Bahasa Inggris Pendekatan Qur‟ani (Malang: UIN Malang Pers, 2007)

Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, VII (Bandung: CV. Alvabeta, 2009)

Suryadarma, Yoke, Fariz Mirza Abdillah, and Ibnu Fitrianto, Konsep Penerapan Teori Wihdah Dan Furu ’ Iyah Dalam, 1 (Malang, 2018)

Tarigan, Henry Guntur, Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia (Bandung: Angkasa, 1991)

TIM LPM, Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Makassar: Alauddin University Press, 2013)

Wellek, Rene, and Austin Warren, Teori Kesusasteraan (Jakarta: PT. Gramedia, 1989)

Diterbitkan
2023-07-26
Abstrak viewed = 695 times