Learning Arabic in Ashwat Science (Khalil Bin Ahmad Perspective)

  • Okitra Asri Nurazim UIN Sunan Kalijaga
    (ID)
  • Tulus Musthofa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
    (ID)
Kata Kunci: Learning Arabic; Ashwat Science; Khalil bin Ahmad

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa Arab, Al-Ashwat memegang peranan penting dalam memahami suatu bahasa. Telah banyak literatur yang menyebutkan bahwa mempelajari dan mengkaji al-Ashwat wajib untuk didahulukan sebelum mempelajari dan mengkaji komponen dan keterampilan kebahasaan yang lainnya. Ada beberapa tokoh atau ilmuwan Arab yang mengkaji tentang ilmu ashwat, tetapi pada penelitian ini penulis hanya berfokus pada tokoh ilmu ashwat yakni Khalil bun Ahmad. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran, kontribusi, serta pemikiran Khalil bin Ahmad dalam ilmu ashwat pada pembelajaran bahasa Arab. Dan untuk mengetahui perkembangan ilmu-ilmu bahasa Arab di tangan al-Khalil bin Ahmad al-Farahidi. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research. Sumber data dari penelitian ini berupa kitab ‘Ilmu al-Aswad al-‘Arabiyyah karya Muhammad Jawad An-Nuuri, artikel, jurnal, makalah, skripsi, dan ensiklopedia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan a) menghimpun literatur yang berkaitan dengan pemikiran Khalil bin Ahmad dalam ilmu ashwat, b) mengklasifikasi buku, dokumen, atau sumber lainnya, c) mengutip pandangan-pandangan Khalil bin Ahmad sesuai dengan konteks fokus penelitian, dan d) mengelompokkan data sesuai dengan sistematika penelitian.Dan hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya peran khalil bin ahmad dalam ilmu ashwat yakni memperkenalkan penggunaan titik dan harakat, beliau juga menandai bunyi dhammah dengan huruf waw kecil diatas huruf, bunyi fathah dengan dengan alif yang ditulis horizontal, dan bunyi kasrah dengan huruf ya’ kecil yang menyambung dibawah huruf. Dan adapun kontribusi dan perkembangan ilmu-ilmu bahasa Arab di tangan khalil bin Ahmad dalam ilmu ashwat diantaranya yaitu dalam merintis formulasi kaidah-kaidah Nahwu dan Sharf.

Referensi

Aflisia, N., Karolina, A., & Yanuarti, E. (2020). Pemanfaatan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan penguasaan unsur Bahasa Arab. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-’Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 1-17.

Albab, U. (2019). Motivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa asing. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 19(1), 32-48.

Al-Tamimi, D. H. G., & Al-Quraishi, S. H. S. (2022). The Syntactic Probability of Al-Khalil bin Ahmad Al-Farahidi in Books of Interpretation. Mustansiriyah Journal of Arts, 46(100).

Amriani, A. (2020). PENGARUH ILMU ASHWAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) DI IAIM SINJAI (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI).

Andriani, A. (2015). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39-56.

Anwar, K. (2021). Nahwu Sufistik: Kajian Tasawwuf dalam Kitab Nahw Al-Qulub Karya Imam Al-Qusyairi. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(2), 158 175.

Asy’ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21-28.

Batubara, P. (2018). Proses pemberian titik (nuqthah) pada huruf-huruf al-quran oleh Abu Al Aswad Ad-Du’ali (Bachelor’s thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, 2018).

Fatoni, A. S. (2019). Studi Pemikiran Abu Ali Al-Farisi Tentang Grammatika Arab (Representasi Tokoh Nahwu Madrasah Baghdad). Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 19(1), 84-106.

Ghozali, A. M. (2018). The Chains Of Transmission Of Syeikh Muhammad Mahfudz At Tirmasi In Kifayat Al-Mustafid. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 7(1), 19-45.

Harahap, L. R., & Taran, J. P. (2023). Hubungan Ilmu Mantiq Dalam Pengembangan Ilmu Ilmu Islam. Jurnal Ekshis, 1(1), 32-42.

Hasrah, M. T. (2019). Penasalan vokal dalam dialek Melayu hulu Pahang. Jurnal Bahasa, 19(2), 199-230.

Iryani, E. (2017). al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal ilmiah universitas Batanghari jambi, 17(3), 66-83.

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2 Desember), 139-152.

Jumhana, N. (2008). IMAM Al-KHOLIL BIN AHMAD DAN KARYANYA, MU’JAM" AL ’AIN": Tinjauan atas Metode Al-Kholil Bin Ahmad dalam Penulisan Kamus" al-’Ain". Al Qalam, 25(2), 201-216.

Marlina, L. (2019). Pengantar ilmu ashwat. Bandung: Fajar Media.

Millah, S. N., Mustofa, B., & Ramadhan, M. F. (2023). Pembelajaran ashwat dan mufhrodat di program Shifr Markaz Arabiyah Pare Kediri. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3 Juni), 325-334.

Mivtakh, B. A. N. (2020). Sejarah Perkembangan Ilmu Dalalah dan Para Tokoh-Tokohnya. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 87-99.

Mivtakh, B. A. N. (2022). The Origin of The Emergence of Arabic Lexicology And Its Characters/Cikal Bakal Munculnya Leksikologi Arab dan Para Tokoh-Tokohnya. ATHLA: Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 3(1), 37-52.

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217.

Nasaruddin, N. (2022). al-Ashwat al-Árabiyyah al-Sha’bah wa Ta’limuha li al-Nathiqin bi al Lughah al-Indunisiyyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(1 Mei), 1-24.

Noor, D. D., & Miolo, M. (2019). Kontribusi Al-Khalil Bin Ahmad Al-Farahidi dalam Ilmu Ilmu Bahasa Arab. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4(2), 148-160.

Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 6(2), 163-192.

Rizal, M., Abdurrahman, M., & Sopian, A. (2021). Sumber Landasan Dalam Merumuskan Kaidah-Kaidah Nahwu dan Signifikansinya untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Dayah: Journal of Islamic Education, 4, 208-22.

Rohman, M. F. (2018). Kajian Historis; Periodisasi Tokoh Ilmu Nahwu Madzhab Basrah. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 11(1), 50 72.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Sari, M. (2022). AL’ALAAQAH BAINA ISTII’AABI AL ASHWAT AL’ARABIYYAH LADAA ATH THALIBAAT WA QUDRATIHINNA FII FAHMI AL MASMUU’. El Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(2), 185-200.

Shathifa, M. C. S. (2020). Aujuhu al-Tasyabuhi wa al-Tanahuri Baina al-Lughataini al Arabiyah wa al-Tamiliyah Ala Mustawa al-Ashwat. IJAS: Indonesian Journal of Arabic Studies, 2(2), 147-161.

Sholihin, M. N. (2020). Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan). SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 110-127.

Taufiqurrochman, R. (2008). Leksikologi Bahasa Arab. UIN Malang Press.

Diterbitkan
2024-06-21
Abstrak viewed = 275 times