Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Barru

  • Iqrail Muhabba Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Herdah Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Kaharuddin Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Darmawati Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Halim Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
Kata Kunci: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Tesis ini membahas tentang pembelajaran bahasa Arab menggunakan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI sebanyak 101 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Data yang terkumpul diolah dengan uji statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Media pembelajaran Bahasa Arab berbasis video pada Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang  2) Motivasi belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang 3) Hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru berada pada kategori sedang 4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa arab Peserta didik kelas XI MAN 1 Barru. Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai pada kolom constant a adalah 22,928 dan pada kolom B 0,693 sehingga persamaan regresinya Y = a+bx atau 22.928+0,693x. Dari hasil analisis didapatkan taraf nyata (α) dan nilai tabel sebesar α=5%=0,05, dan derajat kebebasan (df) = n-1 = 31-1 = 30. Kemudian diperoleh hasil analisis thitung = 1,974 sedangkan nilai ttabel = 1,697 artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung > ttabel = 1,974 > 1,697).

Referensi

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 2007.

Hasan, Muhammad; Milawati; Darodjat; HarahapTuti Khairani; TahrimTasdin. Media Pembelajaran. Tahta Media Group, 2021.

Herdah, Saefuddin, Dewi Mulya, Nurul Magfirah, and Tri Nuraisyah. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Edited by Hamsiah Herawaty. IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Kaharuddin, and Sunuwati. Rekonstruksi Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan ( Studi Kasus Pada IAIN Parepare ). Edited by Herdah. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2022.

Latief, Abdul, and Darmawati. “Objek Penelitian Bahasa Arab.” Matriks Jurnal Sosial Sains 4, no. 2 (2023): 97–106.

Lestari, Selvi. “Pendidikan Teknologi Dalam Al-Qur’an,” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, 1349–1358, (2022).

Muthoharoh, Miftakhul. “Media PowerPoint Dalam Pembelajaran.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah 26, no. 1 (2019): 21–32.

Samusu. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Pembelajaran Komputer Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1,no. 1, 22–32. (2021).

Syarif Sumatri, Mohamad. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta, 2005.

Turyati, Moh. Muchtarom, dan Winarno. Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar PKn Peserta didik Kelas VII SMP NEGERI 2 GONDANGREJO1. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 258. (2016).

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, (2015)

Wulandari dan Gusmania. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Bebrbaisi Video Terhadap Pemahaman Kemapuan Matematis Peserta didik. Phytagoras : Jurnal Matematika,7(1).

Diterbitkan
2025-03-17
Abstrak viewed = 7 times