Penerapan Metode Pembelajaran Sugestopedia dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Kanang
Abstrak
Metode suggestopedia merupakan salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengubah dan menjadikan peserta didik mempunyai perasaan yang rilex serta dapat menghilangkan rasa ketegangan disaat proses belajar berlangsung. Penerapan metode suggestopedia dalam meningkatkan kemampuan menghafal muftadat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, Hal ini didasari bahwa banyaknya peserta didik yang kurang dalam penguasaan mufradat. Permasalahan utama bagaimana penerapan metode pembelajaran suggestopedia dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Dengan pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrument tes (pre-test dan post-test) pilihan ganda, treatmen, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis).
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran suggestopedia terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai pre-test 58,12 dan nilai post-test 85,49 dengan uji paired samples test pada Sig.0,000. 2) Terdapat pengaruh metode drill terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai pre-test 51,84 dan nilai post-test 78,55 dengan uji paired samples test pada Sig.0,000. 3) Terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan menghafal mufradat menggunakan metode pembelajaran suggestopedia dan metode pembelajaran drill kelas VIII MTs DDI Kanang, dapat dilihat pada nilai uji independent samples test dengan Sig.0,000.
Kata kunci: Metode Suggestopedia, Mufradat Pembelajaran Bahasa Arab
Referensi
Arifin, M, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Arsyad, Azhar, Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya, Cet. III (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Asriyah, Masfiyatul, and Rima Ajeng Rahmawati, ‘Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Penguasaan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII’, An Naba, 4.2 (2021), 116–24
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Bandung: CV Penerbit J-ART, 2010)
Jamroh, Nur Maya Badriyatul, and Khoiratun Nisa, ‘Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi’, TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1.02 (2021), 317–33
Richards, Jack C, and Theodore S Rodgers, Approaches and Methods in Language Teaching (Cambridge university press, 2014)
Rohman, Fathur, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Madani, 2015)
Shardy, Nilai Pengajaran Bahasa Arab Dan Sejarah Perkembangannya (Bandung: Bina Cipta, 2017)
Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Cet. II (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##