Kesulitan Belajar Online Ilmu Nahwu Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan pembelajaran daring ilmu nahwu siswa dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitas dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan pedoman wawancara bebas terbimbing. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesulitan pembelajaran sains nahwu online yang dihadapi siswa terdiri dari kesulitan memahami materi karena kurang konsentrasi, jaringan tidak stabil, kurangnya referensi, terbatasnya penggunaan media, dan lingkungan. Upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan mencoba mempelajari kembali makalah, membuat kelompok belajar bersama, belajar dari buku elektronik, mengubah paket data atau mengubah lokasi perkuliahan, dan mendownload aplikasi I'rob.
Referensi
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297
Andanawarih, N. A., Pratiwi, I. A., & Ahsin, N. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 60–67. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7503
Aprizal, A. P. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.232
Fathonah, U., & Bukhori, H. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1152–1160. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.493
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ihwan, M. B., Mawardi, S., & Ni’mah, U. (2022). Pengaruh Penguasaan Ilmu Nahwu dan Sharaf Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qarib. Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61–77. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1422
Khasanah, U. (2021). Manajemen Pembelajaran Nahwu Shorof Di Pondok Pesantren Apik Kesugihan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 107–133. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.291
Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955
Mansyur. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Sekolah Umum Pada Program PIBA UINAM. Al Waraqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 41–56. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alwaraqah/article/view/2522
Mualif, A. (2019). Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal AL-HIKMAH, 1(1), 12–26. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.60
Pamessangi, A. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1206
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Prihartini, Y., Wahyudi, W., Nuraini, N., & Ridha DS, M. (2018). Penerapan Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Ftk Di Uin Sts Jambi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 15. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.267
Rachmawati, & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian tes berbasis mobile online pada prodi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46–63. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/1891
Ronny Mahmuddin, & Chamdar Nur. (2020). Teknik Pembelajaran Ilmu Nahwu Berdasarkan Teori Integrasi. NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 6(1), 136–144. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v6i1.112
Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995
Sari, A. W. (2017). Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu Pada Siswa Kelas Viii Mts Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 16–20. https://doi.org/10.15294/la.v6i1.14388
Sulistyaningsih. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Graha Ilmu.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##