Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020

  • Nurul Aini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Fahimatul Amrillah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Buku Ajar; Pedagogi Genre; Implementasi

Abstract

Ketersedian buku yang layak dan sesuai dengan kaidah penyusunan bahan ajar (buku pelajaran) tentu akan membantu kesuksesan penerapan kurikulum terbaru. Apalagi proses pembelajaran dan buku ajar bahasa arab yang diterbitkan oleh Kementrian Agama terkini telah menghadirkan pendekatan pedagogi genre. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pendekatan Pedagogi Genre dalam materi buku ajar bahasa arab siswa kelas sembilan Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Adapun data kualitatif diperoleh melalui teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pedagogi genre belum sempurna. Masih terdapat beberapa pola yang belum disajikan dalam buku ajar ini. Diantaranya, pembahasan jenis teks, struktur teks, dan tujuan sosial dari teks serta penempatan latihan yang kurang tepat

References

Abusyairi, Khairy. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013).
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. “Keputusan Menteri Agama No 183 Tentang Kurikulum Madrasah” (2019): 1–466.
Emilia. Pendekatan Genre-Based Dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk Untuk Guru. 1st ed. Bandung: Rizqi Press, 2011.
Ghony, Djunaidi, and Fauzan Almanshur. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Hyland, K. Genre and Second Language Writing. USA: University of Michigan, 2007.
Johns, A. M. Genre in the Classroom. London: London Lawrence Erlbaum Associates Publisher, 2002.
Khatibah, K. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi 5, no. 1 (2011): 36–39.
Lana. “Genre Based Approach.”
Mahsun, M. S. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Muslich, Masnur. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan Dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010.
Nunan, D. Second Language Teaching & Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers, 1999.
Nurlaelawati, Iyen, Nenden Sri Lengkanawati, and Wawan Gunawan. “Recontextualising Genre-Based Pedagogy in Indonesian Context: A Case of Preservice Teachers.” International Journal of Education 12, no. 2 (2020): 80–91.
Subroto, Edi. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UIN Press, 2007.
Tachia, Cicin Only, and Bambang A Loeneto. “The Application of Genre Based Approach in the Teaching of English to the Eighth Graders.” The Journal of English Literacy Education 5, no. 2 (2018): 168–181.
Ummah, Pesia Wanudya Barokatul. “Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking in Comprehending Narrative Text for Senior High School.” RETAIN 7, no. 1 (2019): 155–164.
Published
2024-06-27
Abstract viewed = 61 times