Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswi Kelas XI IPA di Pondok Pesantren Khairul Ummah Riau

  • Neli Asmaniah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Wahab Rosyidi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Usfiyatur Rusuli Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Model Pembelajaran; Maharah al-Kalam; Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendesain langkah-langkah model pembelajaran “Think Pair Share” (THINK PAIR SHARE ) dalam pembelajaran maharah al-kalam untuk meningktakan keterampilan berbicara siswi kelas XI IPA, serta untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Tipe Think Pair Share dalam pembelajaran maharah al-kalam untuk meningktakan keterampilan berbicara siswi kelas XI IPA. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan metode eksprimen, dengan jenis Quasi Experimental Design. Adapun model penelitian yang penulis gunakan merupakan model nonequivalent control group design. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes yang berupa pretes dan postes yang dilakukan secara lisan. Diperoleh hasil penelitian efektive dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 9272, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata akhir diperoleh sebesar 8496. Selain itu perolehan Uji  hipotesis menggunakan uji t independent “ > dari“ , yaitu  > 2,021, artinya dalam penelitian ini  (Ho)  ditolak dan    (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model  pembelajaran “Think Pair Share” (THINK PAIR SHARE ) sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswi XI IPA Pesantren Khairul Ummah Riau

References

E. Slavin, Robert. Cooperative Learning. ter. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media, 2010.
Jannah, Ida Miftakhul, and Majidatun Ahmala. “Integrasi Learning Styles Dalam Pembelajaran Kalam.” Arabia 13, no. 2 (2022): 29 https://doi.org/10.21043/arabia.v13i2.11452.
Huda, Miftahul. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Isjoni. Pembelajaran Kooperatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Latifah, Latifah, and Nur Aviya. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab Di MI.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 5, no. 1 (2018): 83. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2641.
Lestari, Ayu Fitri. “Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa – Siswi MTs Satu Atap Al – Hidayah Batu.” Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab Di Indonesia, 2019, 250–59. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/viewFile/384/360.
Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta:Grasindo, 2007,
Muhammad Ridwan Fauzi. “Implementasi Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Syamsul ‘ Ulum Sukabumi The Implementation of Direct Method in Arabic Teaching and Learning at Syamsul ‘ Ulum Boarding School Sukabumi Muhammad Ridwan Fauzi Sekolah Tinggi Aga.” Tarbiyatu Wa Ta’lim 01, no. 01 (2019): 1–13.
Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.
عبدا العزيز بن إبراهيم العصيلي, طرائق تدريس اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى .رياض: جامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية 20.
Published
2024-06-27
Abstract viewed = 98 times