Peningkatan Kualitas Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab melalui Metode Silent Way
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan menghafal mufradat Bahasa Arab siswa dengan menggunakan metode Silent Way. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan 25 sampel tiap kelas. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan menghafal mufradat siswa. Hasil penelitian menunjukkan pre-test (70,69) dan post-test (82,24), dan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Silent Way dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen meningkat, menunjukkan bahwa metode Silent Way efektif dalam meningkatkan hafalan mufradat. Uji statistik mendukung temuan ini dengan hasil yang signifikan pada uji t-test. Metode Silent Way dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam menghafal mufradat.
References
Abubakar, Rifa’i. Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. suka-pers uin sunan kalijaga, 2021. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, and oktarina puspita Wardani. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Unissula Press, 2014. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005.
Angraeni, Rista. “Kesulitan Belajar Bahasa Arab Dalam Menghafal Mufrodat Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VII Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021,” 2021. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Ayu Khairani, Dia, and Sahkholid Nasution. “The Effect of Flash Cards Media on Maharah Kalam Students of MAN 2 Model Medan.” Studi Arab 14, no. 1 (2023): 61–75. https://doi.org/10.35891/sa.v14i1.3920.
Bancin, Nurazizah, Hayatunnisa Nursahfitri, Nurhalimah, Faisal Mahmud Adam, and Taufiqurrohman. “EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SILENT WAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS DAR AL-HIKMAH PEKANBARU.” Kabilah: Journal of Sosial Community 8, no. 14 (2023). http://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/344.
Hamidah. Filsafat Pembelajaran Bahasa. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2017.
Hasyim, Asy’ari. “Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (2016). https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.5.
Ilyas, Muhammad, and Abd Syahid. “PENTINGNYA METODOLOGI PEMBELAJARAN BAGI GURU.” Jurnal Al-Aulia 4 (2023). https://doi.org/10.31004/green.v1i2.10.
Munawarah, Hadiatul. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Di Pendidikan Dasar,” 2022.
Nisa, Ika Khoirun, Novita Rahmi, and Wal Fajri. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’Arif Nu 07 Purbolinggo.” Arabia 12, no. 2 (2020): 43. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878.
Oensyar, Kamil Ramma, and Ahmad Hifni. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Ahmad Arifin. iain antasari press, 2015.
Rahmawati, Diyah, and Nur Rokhmatulloh. “Hubungan Antara Minat Dan Penguasaan Mufradat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Sumbergedang Pandaan.” Impressive: Journal of Education 1, no. 1 (2023): 18–26. https://journal.satriajaya.com/index.php/ijoe.
Ritonga, Syaipuddin. “Strategi Dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru Di Era Teknologi Modern.” Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2023).
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 2014.
Sya’bani, Muhammad Zaky, and Qois Azizah. “Relevansi Bahasa Arab Dalam Dakwah : Refleksi Atas Kedudukan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran (Tinjauan Literatur).” Ath-Thariq: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 7, no. 1 (2023).
Taubah, Miftachul. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam.” Jurnal Mu’allim 2 (2020). https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201.
Taufik, Diva Ikrima Azmi, Izni Nurul Ambami Zahire, Nafilatus Sa’adah, Novi Ernawati, and Putri Wulandari. “Pembelajaran Unsur-Unsur Bahasa Arab (Mufradat Dan Qawaid) Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Flashcard Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI).” Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 14, no. 2 (2020): 63–76. https://scholar.archive.org/work/ga7lbtgpkng6jiyggenlyvhsf4/access/wayback/https://rjfahuinib.org/index.php/diwan/article/download/420/331.
Copyright (c) 2024 Agus Salim, Miftachul Taubah, Nur Rokhmatulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.