Pelaksanaan Nilai-nilai Ajaran Islam Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Main Article Content

Samhi Muawan Djamal

Abstract

Abstract

 

This study aims to observe, to describe the implementation of Islamic teaching in the life of Garuntungan Village, District Kindang Bulukumba and to explain the factors that affect the implementation of teaching and practice of Islamic values in the community. The result of the research shows that Islamic teaching is basically practiced by people of Garuntungan village, although this practice is limited to formal religious rituals. Deep and well understanding of Islamic teaching is not implemented well in their private life, family, and society. This condition is supported by several factors such as the shifting behavior of society in the implementing the values of Islamic teachings, environment, community affair, lack of Islamic promulgation (da'wah), lack of parental knowledge of Islam, and community’s less interest in pursuing education but seeking job for earning money.

Keywords: Islamic teaching, education, behavior, implementation.

 

 

ملخص

 

يغرض هذا البحث إلى ملاحظة تطبيق قيم التعاليم الإسلامية في حي قرية غارانتونغان (Garantungan)، كيندانغ (Kindang) منطقة بولوكومبا  (Bulukumba) وتوصيفه، وشرح العوامل التي تؤثر على تنفيذ التعاليم الإسلامية و تطبيق قيمه عند المجتمع فى حياتهم. ويظهر هذا البحث أن تنفيذ الدين الإسلامي في قرية غارانتونغان يقتصر فى التقاليد الدينية، والعوامل التي تؤثر على تنفيذ قيم التعاليم الإسلامية في تلك المنطقة تشمل التأثيرات البيئية، واشتغال المجتمع فى العمل، ونقصان الدعوة، والافتقار إلى الإشراف الأبوي على أولادهم، وفكرتهم في العمل أفضل من التعليم.الكلمات الدالة: التعاليم الإسلام، تطبيق، تنفيذ،الدين الإسلامي.

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini mengamati dan mendeskripsikan penerapan niali-nilai ajaran Islam dalam kehidupan Masyarakat Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba serta menjelaskan faktor yang memengaruhi pelaksanaan ajaran dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam masyarakat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ajaran agama Islam masyarakat Desa Garuntungan pada dasarnya berjalan, walaupun sebatas pada ritual-ritual atau tradisi keagamaan, sementara nilai-nilai ajaran Islam tidak terimplementasi dengan baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya pergeseran perilaku masyarakat dalam pelaksanaan nilai-nilai ajaran Islam di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba meliputi pengaruh lingkungan, kesibukan masyarakat, kurangnya siraman rohani (intensitas dakwah), kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak, dan pemikiran masyarakat yang lebih mementingkan mencari kerja dibanding menempuh pendidikan.

Kata kunci: Nilai, Ajaran Islam, pemahaman agama, ritual keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Djamal, S. M. (2017). Pelaksanaan Nilai-nilai Ajaran Islam Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161-179. https://doi.org/10.24252/JAd.v17i1i2a5
Section
Artikel

References

Achmad, Waridkhan. Memajukan Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Buana Karya, 2002.
Andrias, Harefa. Membangun Masyarakat Islami. Yogyakarta: Pareta Cipta. 2003.
Arifin, H. M. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang, 2004.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Ash-Shiddiqy, Hasbi. Kuliah Ibadah: Ibadah Ditinjau dari Segi Hukum dan Hikmah, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Awaluddin. Implikasi Pemahaman Nilai-Nilai Islam terhadap Suasana Kemasyarakatan di Kabupaten Takalar. Tesis Tidak Dipublikasikan. Makassar: Pascasarjana UIN, 2008.
Azwar, Saifuddin. Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Balikwan, Hanif. Kepemimpinan Orang Tua dalam Pembentukan Pribadi Muslim pada Remaja di Kelurahan Sukoharjo. Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UIN Malang, 2000.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: PT Toha Putra, 2006.
Jalal, Fasli. Kebijakan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pustaka Utama, 2001.
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1995.
Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2000.
Muhammad, Sayyid bin Salim bin Hafidz. Fiqih & Tasawuf Wanita Muslimah. Surabaya: Cahaya Ilmu, 2008.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Prayitno, Irwan. Kepribadian Muslim. Jakarta: Mitra Grafika, 2005.
Priyantoro, Dian Eka. Strategi Pendidikan Islam dalam Keluarga di Kelurahan Karang Asem Kecamatan Laweyan Kodya Surakarta. Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UIN Malang, 2002.
Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1997.
Qardhawi, Yusuf. Implementasi Ibadah Islam untuk Keluarga Sakinah. Jakarta: Balai Pustaka, 1998.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur'an, Bandung: Mizan, 1994.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tasmara, Toto. Etos Kerja Pribadi Muslim. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Wakaf, 1995.
Thalib, Muhammad. Pembinaan Remaja Islam Membangun Bangsa. Jakarta: Pustaka Utama, 1998.
Winkel, W. S. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT Gramedia, 1996.
Yunus, H. Mahmud. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: PT Hidakarya Agung, 2000.
Zaini, Muctarom, Problematika Ibadah dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.
Zamroni. Pembinaan Keluarga Islami. Solo: Tiga Serangkai, 2001.