Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Sikap Cinta Tanah Air Pada Siswa SMA di Medan

  • Guruh Ryan Aulia UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pendidikan Nasional Indonesia memiliki berbagai macam permasalahan seperti kurangnya rasa sikap cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap sikap cinta tanah air pada siswa SMA di kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model hubungan variabel ganda. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengukur outcome proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi penelitian ini menggunakan siswa SMA di kota Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 34 responden dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap cinta tanah air pada siswa SMA di kota Medan menunjukkan kategori sangat baik sebanyak 73,53%, dan kategori baik 26,47%. Pengaruh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap cinta tanah air pada siswa SMA di kota Medan terdapat pengaruh yang signifikan, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 19,668 > t tabel yaitu sebesar 2,037. Serta pengaruh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap kepedulian sosial pada siswa di kota Medan terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 14,562 > t tabel yaitu sebesar 2,037. Maka sikap cinta tanah air dan sikap kepedulian sosial siswa bisa didapatkan melalui aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik namun selain dari itu sebaiknya lebih diperhatikan juga aspek secara tidak langsung seperti media sosial, media masa, dan media elektronik agar sikap yang sudah terbentuk secara positif tidak berubah menjadi negatif.

Author Biography

Guruh Ryan Aulia, UIN Alauddin Makassar
Prodi Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar

References

Abdul, Rozak. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila. Jakarta: ICCE UIN Syarief Hidayatullah Jakarta & Prenada Media Grup.

Alma, Buchari. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Alfabeta. Bandung

Anni, Catarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Moejiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, 2006. Bela Negara

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. AS@-prima. Jakarta.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial, Suatu Pengantar. Andi: Yogyakarta.

Published
2020-07-22
Section
Artikel
Abstract viewed = 786 times