PENGEMBANGAN KESADARAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI JURUSAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Studi Content Analysis Mata Kuliah Islam dan Multikulturalisme)

  • Rahmat Rahmat UIN Alauddin Makassar

Abstract

Jurusan Sejarah dan Kebudayaan telah melakukan pengembangan pembelajaran multikultura. Salah satu indikator, dicantumkannya mata kuliah Islam dan Multikulturalisme dalam kurikulum. Pada mata kuliah ini dibahas tema-tema yang berbasis multikultural dalam konteks identifikasi global, yaitu: globalisasi, gerakan radikalisme, pluralisme, demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan hubungan agama dan negara. Pengembangan kesadaran multikultural mahasiswa diimplementasikan melalui tahap: pertama, multicultural knowing, yaitu upaya mentransformasikan pengetahuan konsep-konsep multikulturalisme. Kedua, multicultural feeling, yaitu upaya menginternalisasikan nilai-nilai multikultural melalui pemahaman prinsif-prinsif multikulturalisme, terutama prinsif keterbukaan dan moderasi. Ketiga, multicultural action, yaitu upaya karakterisasi sikap mahasiswa dalam bentuk living in harmony, yaitu dapat hidup bersama dalam kerukunan dan kedamaian dengan tetap saling menghargai, menghormati, dan menerima perbedaan dengan sikap toleransi. Nilai-nilai multikultural yang diharapkan sebagai upaya pengembangan kesadaran multikultural adalah: pertama, terwujudnya nilai-nilai keanekaragaman, baik keanekaragaman suku, bangsa, dan budaya maupun keanekaragaman agama dan aliran keagamaan. Kedua, terwujudnya nilai perasaudaraan dalam hidup bersama, baik hidup bersama karena seagama dan sebangsa, maupun karena sesama manusia. Ketiga, terwujudnya nilai kedamaian dan keselamatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Azizy, A. Qodri. Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam. Cet. II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Burhanuddin, Jajat. “Pesantren, Madrasah, dan Islam di Lombok,” dalam Mencetak Muslim Modern Peta Pendidikan Islam Indonesia. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Effendy, Bachtiar. Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Indonesia. Cet I; Jakarta: Pramadina, 1998.

Haedari, M. Amin, ed. Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet. I; Jakarta: IRD Press, 2004.

Hasyim, Syafiq. “Kesataraan Laki-laki dan Perempuan dalam Islam,” dalam Ahmad Mahromi, ed., Islam dan Multikulturalisme. Cet. I; Jakarta: ICIP, 2008.

Hick, John. “Religious Pluralism” dalam Encyclopaedia of Religions, Mircea Eliade, eds., vol. 12. New York: Mcmillan, 1987.

Lickona, Thomas, Education for Character How School Can Teach Respect an Responsibility. New York: Bantan Books, 1992.

Ma’arif, Syamsul. Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Cet. I; Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005.

Madjid, Nurcholis. Satu Islam Sebuah Dilema. Cet. I; Bandung: Mizan, 1991.

Mahromi, Ahmad ed. Islam dan Multikulturalisme. Cet. I; Jakarta: ICIP, 2008.

Maksum, Ali. Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Cet. I; Yogyakarta: Aditya Media, 2011.

Muchtarom. Capita Salekta Islam. Cet. I; Bandung: Media Cendekia, 2004.

Republik Indonesia. “Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya.” Yogyakarta: Media Wacana, 2003.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif, Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Cet. I; Bandung: Mizan, 1997.

S. Truna, Dody. Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme. Cet. I; Jakarta: Kementerian Agama RI., 2010.

Sudjana, Eggi. HAM dalam Perspektif Islam. Cet. I; Jakarta: Nuansa Madani, 2002.

Thoha, Anis Malik. Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis. Cet. I; Jakarta: Perspektif-Kelompok Gema Insani, 2005.

Zubaedi.“Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Hermeneia. vol. 3 no. 1 (2004). http//digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8432 (Diakses 12 Oktober 2016).

Published
2020-01-15
How to Cite
Rahmat, R. (2020). PENGEMBANGAN KESADARAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI JURUSAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Studi Content Analysis Mata Kuliah Islam dan Multikulturalisme). Al-Hikmah, 21(2). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/11396
Section
Artikel
Abstract viewed = 528 times