PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI GALESONG BARU MAKASSAR

  • Ihdiana Ihdiana

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran Visual pada Mata Pelajaran SKI. Lokasi penelitian ini adalah di MTs DDI Galesong Baru Makassar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini diarahkan pada bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Galesong Baru Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan secara objektif tentang penggunaan pembelajaran visual dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs DDI Galesong Baru Makassar. Gambaran penggunaan media yang selama ini telah berlangsung dan sangat memotivasi belajar siswa pada masing-masing kategori yaitu: 30 responden  termotivasi atau sebesar 59,41 persen,  sisanya  sangat termotivasi 14 responden atau sebesar 34,65 persen, kurang termotivasi 1 responden atau sebesar 1,49 persen dan yang tidak termotivasi hanya 4 responden atau sebesar 3,96  persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Ronald H., Selecting and Devoloping Media for Instruction. Modison Descousin: American Society for Training and Devolopment, 1976.

Arsyad, Azhar. Sejarah Kebudayaan Islam dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Cet. II; Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2004.

-----------------. Madkhal ila> T>}uruqi at-Ta‘limi al-Lugah al-‘Arabiyyah. Cet. I; Ujung Pandang: Ahkam, 1998.

----------------. Media Pembelajaran. Cet. IX; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Darsono dan T. Ibrahim, Fasih BerSejarah Kebudayaan Islam: Jilid 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Cet. II; Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Departemen Agama RI, Metodologi pendidikan Agama Islam Buku Dua, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 2002.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Cet. V; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

----------------. Media Pendidikan. Cet. VII; Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1994.

Ibrahim, R., dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran. Cet. II; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Ibra>hi>m, Abdul ‘Alim. al-Muwajjih al-Fanni> li Mudarrisi> al-Lugah al-‘Arabiyyah. Cet. I; Kairo: Da>r al-Ma‘a>rif, 1962.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet. I; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Latuheru, John D., Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Cet. III; Makassar: State University Press, 2002.

Miarso, Yusufhadi. Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: CV. Rajawali, 1984.

----------------. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT Kencana, 2004.

Muijs, Daniel dan David Reynolds, Effective Teaching: Evidence and Practice. Terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Cet. I; Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2008.

Mursi, Muhammad Sa’id. Fan Tarbiyah al-Awlad fi al-Islam. Terj. Ali Yahya Melahirkan Anak Masya Allah: Sebuah Terobosan Baru Dunia Pendidikan Modern. Cet. I; Jakarta: CV Cendekia Sentra Muslim, 2001.

Nasution, S., Didaktik Asas-asas Mengajar. Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Nasution, S., Metode Research: Penelitian Ilmiah (Ed. I; Cet. XI; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Shalahuddin, Mahfudh. Media Pendidikan Agama. Cet. I; Surabaya: PT Bina Ilmu, 1986.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatan-nya. Cet. V; Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2002.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. VI; Bandung: PT Sinar Baru Algesindo, 2002.

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar. Cet. IX; Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

TIM IAIN Jakarta, Ensiklopedia Islam di Indonesia Jakarta: Djambatan: 1992

How to Cite
Ihdiana, I. (1). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI GALESONG BARU MAKASSAR. Al-Hikmah, 21(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/13151
Section
Volume 21 Number 1, 2019
Abstract viewed = 374 times