Perkembangan Metode-Pendekatan dalam Penelitian Agama

  • Rahmat Rahmat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan metode-pendekatan dalam penelitian secara umum, baik metode-pendekatan teologis-normatif, ilmiah maupun fenomenologi. Metode pelaksanaan kajian ini adalah metode historis dengan menggunakan data kwalitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka. Hasil kajian ini menunjukan bahwa metode-pendekatan yang paling awal dikenal adalah metode-pendekatan teologis yang bersifat normatif sejak jaman Yunani, Romawi kuno dan berlanjut hingga abad pertengahan. Pendekatan ini mengalami perkembangan secara pesat dengan munculnya sederetan peneliti dengan karya-karyanya pada abad-7 sampai abad ke-9 M. Sebagai kelanjutan metode-pendekatan normatif adalah metode-pendekatan ilmiah. Metode-pendekatan ini mulai mengalami perkembangan pada abad ke-19 M. ditandai dengan munculnya sederatan peneliti dengan menggunakan pendekatan ilmu-ilmu sosial. Metode-pendekatan selanjut yang banyak digunakan peneliti agama  adalah metode-pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini mengalami perkembangan sejak abad ke-20 M. hingga dewasa ini. Sebagai indikasi perkembangan metode-pendekatan ini ditandai munculya sederetan fenomenolog dan karya-karyanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. Studi Agama Normativitas atau Historisitas? Cet. I; Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1996.

Abdullah, Taufik (ed.). Islam di Indonesia. Cet I; Jakarta : Tintamas, 1974.

Ali, A. Mukti . Metode Memahami Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang, 1991.

D. Moberg, David. The Cruch as a Social Institution : The Sosiology of American Religion. Englewood Cliffs, Bew Jersey : Pretice-Hall, 1962.

Hidayat, Kamaruddin. Tragedi Raja Mides Moralitas Agama dan Krisis Modernisme. Cet. I; Jakarta : Paramadina, 1999.

King. Ursula. Debat Metodologis Pasca Perang Dunia II dalam Ahmad Norma Permata (ed.), Metodologi Studi Agama. Cet I; Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2000.

M. Kitagawa, Joseph. Sejarah Agama-Agama di Amerika dalam Ahmad Norma Permata (ed.) Metodologi Studi Agama. Cet I; Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2000.

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi IV, Cet. I ; Yogyakarta Rajesarasin, 2000.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif. Cet. V ; Bandung : Mizan, 1999.

Published
2020-12-16
How to Cite
Rahmat, R. (2020). Perkembangan Metode-Pendekatan dalam Penelitian Agama. Al-Hikmah, 22(2), 47-57. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/18088
Section
Artikel
Abstract viewed = 1662 times