Islamic Boarding School Curriculum in Indonesia: A Case Study in Islamic Boarding School in South Kalimantan
Abstract
Islamic boarding school as traditional Islamic education institution is an invaluable part of Indonesian national education system. This education institute has been able to show itself freely according to society needs and epoch demand without loosing its essential identity as tafaqquh fiddin institution. The important factor that sustains this condition can be seen from the curriculum aspect. Therefore, this article is intended to investigate Islamic boarding school curriculum in Indonesia, especially at Islamic boarding school case in South Kalimantan. This Islamic boarding school curriculum is focused on written curriculum both scientific study and the specific books. This study also shows how Islamic boarding school curriculum model as responding to national education curriculum development in Indonesia.
Downloads
References
‘Abdurrahmân al-Nahlâwiy, Ushûl al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Asâlîbuha: Fî al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’, (Damsyik: Dâr al-Fikr, 1999).
‘Âbid Taufîq al-Hâsyimiy, Thuruq Tadrîs al-Tarbiyah al-Islâmiyyah, (Beirut: Mu’assasah al-Risâlah, 1993).
‘Aliy al-Jumbulathiy & Abû al-Futûh al-Tawânisiy, Dirâsât Muqâranah Fî al-Tarbiyah al-Islâmiyyah, (Cairo: Maktabah al-Anjalû al-Mishriyyah, t.t.).
Abdurrahman ibn Abî Bakr Jalâl al-Dîn al- Suyûthiy, al-Iqtirah, Jilid 1, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1988).
Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, (Yogyakarta: Gama Media, 2002).
Abuddin Nata, Suwito, Masykuri Abdillah, dan Armai Arief, Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta: Grafindo Persada, 2005).
Ahmad Farji, Musykilât Fî Tharîq al-Tarbiyah al-Islâmiyyah, (Talkus: Dâr al-Wafâ, 1992).
Amr ‘Abd al-Mun’im Sulaim, Taisîr Ulûm al-Hadîts li al-Mubtadiîn, (Tanta: Dar al-Dhiyâ, 2000).
Anonim, Buku Pegangan Guru, (Martapura: Pondok Pesantren Darussalam Martapura, tt).
Azyumardi Azra, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, (Jakarta: Mzan, 1995).
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos, 2000).
Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, Peta Wilayah Administrasi Provinsi Kalimantan Selatan, (Banjarmasin: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan, 2007).
Bidang Pekapontren, Pemetaan Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2006/ 2007, (Banjarmasin: Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kalimantan Selatan, 2007).
Bidang Pekapontren, Rekapitulasi Data Pesantren se-Kalimantan Selatan Tahun 2004-2005, (Banjarmasin: Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kalimantan Selatan, 2005).
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).
Departemen Pendidikan Nasional. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta, PT. Binatama Raya, 2006.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Pada Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula dan Wustha, 2005.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren. Pedoman Penyelenggaraan Program Paket C Pada Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI, 2006.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Mapenda. Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Departemen Agama, 2003.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Kurikulum 2004 Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2004.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta: Departemen Agama RI, 2004.
Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Petunjuk Teknis Pondok Pesantren Salafiyah Sebagai Pola Wajib belajr Pendidikan Dasar 9 tahun. Jakarta: Departemen Agama RI, 2001.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004.
Direktorat Pembinaan Perguruan Agama Islam Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI, 2001.
Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Laporan Pemetaan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam. Pedoman Program Beasiswa Santri Berprestasi. Jakarta: Departemen Agama RI, 2007.
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ditjen Pendidikan Islam. Kurikulum Diniyah Takmiliyh Aqidah Akhlaq Tingkat Awwaliyah, Wustha & Ulya. Jakarta: Departemen Agama RI, 2007.
H.B. Hamdani. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang, 1987.
Hasan Yûnus Abîdû. Dirâsât wa Mabâhits Fî Târîkh al-Tafsîr wa Manâhij al-Mufassirîn. Mesir: Markaz al-Kitâb Li al-Nasyr, 1991.
Humaidy, Punduk Darussalam dalam Lintasan Sejarah. Jurnal Kebudayaan Kandil. Banjarmasin, LK-3, 2003.
Husni Rahim, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos, 2005.
Luqman Hakim (Editor). Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2001.
M. Agus Syamsudin. Membela Sistem Pendidikan Pesantren Salaf dalam Majalah Pesantren, Edisi XIII/Th.2/2003.
M. Arifin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.
Mahmûd al-Thahhân. Taisîr Mushthalah al-Hadîts. Alexandria: Markaz al-Hudâ li al-Dirâsât, 1415 H.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Mohammad Noor Syam. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional, 1984.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.
Muhammad ‘Athiyyah al-Abrâsyi. al-Tarbiyah al-Islâmiyah Wa Falâsafatuhâ. Bairut: Darul Fikri, t.t.
Muhammad Abd al-Qâdir Ahmad. Thuruq Ta’lîm al-Tarbiyah al-Islâmiyyah. Mesir: al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1981.
Muhammad Abdussalam al-‘Ajamy. al-Tarbiyah al-Islâmiyyah al-Ushûl wa al-Tathbîqât. Riadh: Dâr al-Nâsyir al-Duwaliy, 2006.
Muhammad Munîr Mursy. al-Tarbiyah al-Islâmiyyah Ushûluhâ Wa Tathawwuruhâ Fî al-Bilâd al-‘Arabiyyah. Mesir: ‘Âlim al-Kutub, 1977.
Muhrin Badri. Profil Pesantren di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Panitia Pelaksana Seminar Profil Pendidikan Islam di Kalimantan Selatan 1986.
Nana Sudjana. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung, Sinar Baru: 1991.
Oemar Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta, Bumi Aksara, 2001).
S. Nasution, Asas-asas Kurikulum, (Bandung, Jemmars: 1986).
Sâ’id Ismâ’il ‘Aliy, Nasy’ah al-Tarbiyah al-Islâmiyyah, (Mesir: Âlim al-Kutub, 1978).
Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004).
Suwito dan Mahbub, Jaringan Intelektual Kyai Pesantren di Jawa-Madura Abad XX (Laporan Hasil Penelitian Kompetitif), (Jakarta: Departemen Agama RI, 2000).
Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta, Quantum Teaching, 2005).
Taufiqul Hakim, Program Pemula Membaca Kitab Kuning, (Jepara: Al Falah Offset, 2003).
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003).
Wap. Detik.com. Reported by Muhammad Atqa, Tuesday, 13/12/2005
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, (Jakarta: LP3ES, 1982).