سيبويه ونشاطه النحوي

  • Asriyah Asriyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Nama lengkap Sibawaih Abu Basyar Amr bin Utsman bin Qanbar. ‘Sibawaihi’ sendiri sebenarnya adalah julukan, tetapi julukan ini lebih dikenal daripada nama aslinya sendiri. Julukan ini dipandang unik, karena belum ada orang yang mendapat julukan yang sama sebelumnya. Beliau diperkirakan lahir tahun 137 H di Ahwaz (Persia). Beliau wafat pada usia belia pada tahun  177 H. sekitar 40 tahun. Pada usia muda ia sudah rajin mengunjungi pengajian dalam bidang fikih dan hadits. Dalam ilmu hadis  berguru kepada Hammad bin Salamah bin Dinar al-Basri (w. 167 H), seorang ahli hadis terkenal pada masanya, yang juga mendalami ilmu nahwu (gramatika) dan saraf (morfologi) serta pernah menduduki jabatan mufti kota Basra. Sibawaihi hanya meninggalkan sebuah buku besar yang menghimpun kaidah dan dasar-dasar bahasa Arab. Buku ini merupakan khazanah ilmu bahasa Arab yang tiada tandingannya, baik sebelum maupun sesudahnya. Oleh karena itu, buku ini masih terus dipelajari penuntut ilmu bahasa Arab sampai sekarang. Akan tetapi, karya ini tidak berjudul. Sibawaihi mendasarkan penyusunan kaidah-kaidah tata bahasa Arab dengan tiga macam metode, yaitu dengan mendengar (sima’), membuat alasan (ta’lil), dan membuat analogi (qiyas).

Downloads

Download data is not yet available.

References

ابن هشام الأنصاري، أبي محمد عبد الله جمال الدين بن يوسف بن أحمد بن عبد الله، مغني اللبيب عن كتب الأعارب، الجزء الأول الطبعة الأولى؛ المكتبة العصرية: بيروت، ١٩٩١م.

الأفغاني، سعيد، من تاريخ النحو، الطبعة الثانية؛ دار الفكر، ١٩٧٨.

سيبويه، الكتاب.

الطحاوى، نشأة النحو.

ضيف، شوقى، المدارس النحوية، الطبعة الثالثة؛ مصر، دار المعارف.

مراتب النحويين.

Published
2012-06-13
How to Cite
Asriyah, A. (2012). سيبويه ونشاطه النحوي. Al-Hikmah, 13(1), 39-48. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/2680
Section
Volume 13 Number 1, 2012
Abstract viewed = 618 times