Sasaran Atau Obyek Evaluasi Pendidikan Dan Penilaian Berbasis Sekolah

  • Muhammad Akib D Dosen STAI DDI Pinrang
    (ID)

Abstract

Evaluasi adalah suatu proses yang terus menerus, bukan hanya pada akhir pengajaran, tetapi dimulai sebelum dilaksanakannya pengajaran sampai dengan berakhirnya pengajaran, yaitu dilakukan baik di kelas, di sekolah secara umum, maupun bersifat nasional, miskipun evaluasi tersebut mempunyai kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan. Proses evaluasi senatiasa diarahkan ke tujuan tertentu, yakni untuk mendapatkan jawaban-jawaban tentang bagaimana memperbaiki pengajaran. Evaluasi menuntut penggunaan alat-alat ukur yang akurat dan bermakna untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan guna membuat keputusan. Dengan demikian, evaluasi merupakan proses yang berkenaan dengan pengumpulan informasi yang memungkinkan kita menentukan tingkat kemajuan pengajaran dan bagaiman berbuat baik pada waktu-waktu mendatang. Sehubungan dengan fungsi-fungsi evaluasi di atas maka dapat ditentukan sejumlah jenis yang dinilai sebagai berikut: evaluasi gognitif, yakni untuk menentukan angka kemajuan hasil belajar para siswa dari sisi intlektualnya. Kedua, evaluasi afektif, yaitu menentukan para siswa sejauh mana penilaian pendidik/guru tentang kelakuan siswa. Ketiga, evaluasi pysikomotoris yakni, menentukan angka kemajuan para siswa tentang keterampilan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burke, John W. Competency Based Education and Training. London New York: The Falmer Press, 1995.

Ishak, Baego. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Cet. I;Ujungpandang: Berkah Utami, 1980.

Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Cet.I; Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1996.

Popham, W. James dan Evi L. Baker, Teknik Mengajar secara Sistematis. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Rothney, John W. M.. Evaluation of Learning dalam Charles E. Skinner, Educational Psychology. New Delhi: Prencite-Hall Inc, 1984.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yangempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Stanley, Julian C dan Kenneth D Hopkins, Educational and Psyicological Measurement and Evaluation. New Delhi: Prentive Hal PrivateLimited, 1978.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

Tardif, Richard. The Penguin Macquarie Dictionary of Australian Education. Ringwood Victoria: Penguin Books Australia, ltd, 1987.

Thorndike, Robert L dan Elisabeth P. Hagen Measurement and Aevaluation in Psychology and Education Fourth Edition. New York: John Wiley and Sons, t.th

Published
2013-06-13
How to Cite
D, M. A. (2013). Sasaran Atau Obyek Evaluasi Pendidikan Dan Penilaian Berbasis Sekolah. Al-Hikmah, 14(1), 1-12. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/390
Section
Artikel
Abstract viewed = 2595 times