PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL DI PESANTREN MATAHARI DESA MANGEMPANG KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

  • Muh. Zulkifli UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Arwan UIN Alauddin
    (ID)
  • Lonny Viona D. UIN Alauddin
    (ID)
  • Dien Fitri Awalia UIN Alauddin
    (ID)
  • Ummul Fadilah UIN Alauddin
    (ID)
Keywords: Permainan Tradisional, Generasi Muda, Interaksi Sosial

Abstract

Abstract

Traditional game is a game that is played simply, which contains noble values originating from its predecessors. Dexterity is a mandatory skill in playing traditional games, because in general traditional games are carried out outdoors or in open fields which require body movements from the players. Therefore, there is a need for a movement to preserve traditional games for the younger generation, seeing that currently children and adolescents prefer games that are accessed virtually which results in laziness in moving and social interaction among the younger generation.

Keywords: Traditional Games, Younger Generation, Social Interaction 

Abstrak

Permainan tradisional merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan sederhana, permainan tradisional ada yang menggunakan alat dan ada pula yang tidak memerlukan alat dalam memainkannya, permainan tradisional mengandung nilai-nilai luhur yang bersumber dari para pendahulu. Ketangkasan adalah merupakan keahlian wajib dalam memainkan permainan tradisional, karena pada umumnya permainan tradisional di laksanakan pada luar ruangan atau lapangan terbuka yang memerlukan gerakan tubuh dari para pemainnya. Oleh karena itu, perlu gerakan pelestarian terhadap permainan tradisional kepada generasi muda, melihat pada saat ini anak-anak beserta remaja lebih menyenangi permainan yang di akses secara virtual yang mengakibatkan kemalasan dalam bergerak dan berinteraksi sosial di kalangan generasi muda.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Generasi Muda, Interaksi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Wibowo, Olahraga dan Permainan Tradisional, Malang: Wineka Media
Published
2023-07-04
How to Cite
Muh. Zulkifli, Muhammad Arwan, Lonny Viona D., Dien Fitri Awalia, & Ummul Fadilah. (2023). PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL DI PESANTREN MATAHARI DESA MANGEMPANG KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS . Al-Hikmah, 23(2), 61-72. https://doi.org/10.24252/al-hikmah.v23i2.39174
Section
Artikel
Abstract viewed = 86 times