Pembelajaran Yang Demokratis Di Madrasah

  • Ahmad Imran Syuaib
    (ID)

Abstract

Dalam era globalisasi kesadaran akan identitas pribadi maupun persekutuan semakin menonjol. Hal ini merupakan suatu "paradoks". Sebab ketika dunia semakin menyatu, semakin mejemuk pula bentuk-bentuk ekspresinya. kemajemukan merupakan kenyataan sosiologis yang tidak dapat dihindari. Ditengah manfaatnya proses globalisasi yang ternyata juga memperkuat kemajemukan dalam kehidupan masyarakat, pendidikan memiliki perang penting dalam mentransformasikan nilai-yang positif-kontruktif sehingga masyarakat tidak kaku dalam menghadapinya. Dalam konteks inilah pendidikan Islam memiliki tradisi panjang dalam berhadapan dengan isyu-isyu demokrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Buchori, Muctar. Pendidikan dan Pembangunan. Cet. I; Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.

Chan, Stevan M. Education and The Democratic Ideal diterjemahkan oleh Abdul Munir Mulkhan dan Umi Yawisah, Pendidikan Liberal Berbasis Sekolah. Cet. I; Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2002.

Freire, Paulo. The Politic of Education: Culture, Power, and Liberation, diterjemah oleh Agung Prihantoro, Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Ismail SM. Dinamika Pesantren dan Madrasah dalam buku Nurul Huda, Madrasah Sebuah Perjalanan untuk Eksis. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT. Alhusna Zikra, 2001.

Mappanganro. "Rekonstruksi Lembaga Pendidikan Islam secara Koprehensif Integratif" Makalah Seminar Regional dan Musyawarah Wilayah VII Forum Komunikasi Mahasiswa Tarbiyah Indonesia Timu".Juni 2000.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Cet. II; Bandung: PT. Remajah Rosdakarya, 2002.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I; Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001.

Saridjo, Marwan. Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam. Cet. I; Jakarta: Amissco, 1999.

Published
2013-12-13
How to Cite
Syuaib, A. I. (2013). Pembelajaran Yang Demokratis Di Madrasah. Al-Hikmah, 14(2), 168-176. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/400
Section
Artikel
Abstract viewed = 240 times