Pendidikan Islam Perspektif Teologi

  • Muhammad Arsyad
    (ID)

Abstract

Bagaimana pun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya pasti berlangsung suatu proses pendidikan, sehingga sering dikatakan bahwa pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia.Proses pendidikan merupakan proses pengembangan segala potensi yang dimiliki manusia. Meskipun dalam Islam terdapat beberapa pandangan mengenai pendidikan Islam.Paham Qadariyah memandang proses pendidikan Islam dapat berlangsung dengan baik jika manusia bersungguh-sungguh berusaha dalam menanamkan nilai-nilai islami dalam kehidupannya. Paham Jabariyah memandang bahwa proses pendidikan tidak begitu berpengaruh sebab berhasil tidaknya sebuah proses pendidikan tersebut akan ditentukan oleh Allah. Sedangkan paham Asy’ariyah memandang pendidikan Islam merupakan proses yang dinamis, dalam artian manusia di samping telah memiliki potensi dasar untuk menerima proses pendidikan ia juga bergantung pada kepribadian seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Ahmad. Fajr al-Islam. Kairo: Dar al-Kutub al-‘Arabiyah, 1996.

Azra, Azyumardi. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

al-Bukhāry, Imām Abū ‘Abdullah Muhammad bin Isma’īl ibn Ibrāhīm bin Mughīrah bin Bardizbah. Shahīh al-Bukhāri, juz III. Bairūt: Dār al-Kutub al-Ilmiah, 1992.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra, 2007.

Hanafi, Ahmad. Teologi Islam (Ilmu Kalam). Cet. XII; Jakarta: Bulan Bintang, 2001.

Haq, Hamka. Faslsafat Ushul Fiqh. Makassar: Yayasan al-Ahkam, 2003.

Khaeruddin. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II; Makassar: Yayasan Pendidikan Fatiya Makassar, 2004.

Nasution, Harun. Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran. Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996.

Rahman, Jalaluddin. Konsep Perbuatan Manusia Menurut Qur’an. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Al-Shabuny, Muhammad Ali. Tafsir Ayat Al-Ahkam min al-Qur’an, jilid II. Makkah al-Mukarramah:Kulliyah al-Syarī’ah wa al-Dirasah al-Islamiyah, t.th.

Al-Syahrastani. al-Milal wa al-Nihal diterjemahkan oleh Asywadie Syukur. Surabaya: PT.Bina Ilmu, t.th.

Published
2013-12-13
How to Cite
Arsyad, M. (2013). Pendidikan Islam Perspektif Teologi. Al-Hikmah, 14(2), 177-187. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/401
Section
Artikel
Abstract viewed = 1537 times