Kompotensi Profesional Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dosen STAI DDI Maros

  • Husnan Husnan
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran kompetensi profesional dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Maros, mengetahui gambaran tentang kinerja dosen STAI DDI Maros, mengetahui pengaruh kompetensi profesional dengan kinerja dosen  STAI DDI Maros. Penelitian survei dengan persoalan pokok pada mengkorelasikan kompetensi profesinal terhadap kinerja dosen STAI DDI Maros. Populasi terdiri seluruh dosen STAI DDI Maros yang berjumlah 55 orang sekaligus sebagai sampel penelitian (sampel penuh). Dengan mengedarkan kuesioner kepada responden. Analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang variabel kompetensi profesional dan kinerja dosen, dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis. Gambaran kompetensi profesional dosen STAI DDI Maros berada pada kategori baik, gambaran kinerja dosen STAI DDI Maros berada pada kategori baik, dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional terhadap kinerja dosen STAI DDI Maros dengan kontribusi sebesar 25 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abustam, M. Idrus. 2005. Modul Metode Pengumpulan Data. (II) Makassar. UNM.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

-----------------------. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Bina Cipta.

Arnold, J. Hugh and Fiedman. 1993. Organizational Behavior. New York: Mc. Graw-Hill Book Comapany.

As’ad, Mohammad. 1995. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Depdikbud. 1997. Pedoman Pelaksanaan PSPTK di Indonesia.

Jakarta: Dirjen Dikti.

Departemen Agama RI, 1998. Manajemen Madrasah Aliyah. Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI. 2003. Buku Pedoman Tenaga Akademik Perguruan Tinggi Agama Islam. Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang No. 14

Tentang Guru dan Dosen.

Gibson, James L. 1997. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Bumi Putra.

Gordon, Judith, R. 1993. Diagnostic Approach Organizational Behavior. Boston: Allyn and Bacon.

Heidjrachman, 1990. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Umar, Husein. 2000. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Husnan, 1996. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Johnson, 2002. A Meaning For Competency. Georgia: Competency Bassed Education Centre Colleg of education.

Mantja, 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Emas.

Mantja, 2005. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Kumpulan Karya Tulis Terpublikasi. Malang: Wineka Media.

Maria Susila, Fr. 2004. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen. Tesis. UPI. Tidak diterbitkan.

Mudzhar, Atho. 2004. Perguruan Tinggi: Nahkoda Pengawal Masyarakat Dalam Deruan Ombak Globalisasi. Online.

(http://pmiingalah.wordpress.com). Diakses 5 Juni 2009.

Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandu: PT. Remaja Rosdakarya.

Mengindaang, C., Sembiring, R.K., Livingstone. 1998. National Assesment of The Quality of Indonesian Education. Jakarta: BP3K. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peterson, 1994. Teacher Evaluation With Multiple and Variable Line of Evidence. Journal of Education Research. 42 (17), 311-317.

Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Riduan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sahabuddin. 1999. Mengajar dan belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP.

Sahertian, P. A. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Samana, 1994. Profesional Pendidik. Yogyakarta: Kanisius.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Singarimbun, Masri. 1999. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sonhadji, 2000. Bahan Kuliah manajemen Pendidikan Tinggi. Malang: Tidak diterbitkan.

Suyadi. 1992. Kinerja Suatu Organisasi. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet (IKAPI).

Suwarsono. 1998. Manajemen Stratejik. Konsep dan Kasus.

Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Tilaar, H.A.R. 1997. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi, Visi, Misi, dan Program Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020. Jakarta: Grasindo.

Tiro, Muhammad Arif. 1999. Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Thoha, Miftah. 2000. Prilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thoha Miftah, 2001. Kepemimpinan dalam Manajemen (Suatu Pendekatan Perilaku). Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Cita Umbara.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional RI.

Usman, Muhammad. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Uzer, Muhammad Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Wahyudi, Agustinus. 1997. Manajemen Strategik. Jakarta: Bina Aksara.

Wijaya, C. dan Rusyan, AT. 1992. Kemampuan dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wirawan. 2002. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA. Press.

Zainun, Buchari, 1989. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Yahmin, 2001. Paradigma Pendidikan Konstruktivitas. Jakarta: Gaung Persada.

Published
2013-06-13
How to Cite
Husnan, H. (2013). Kompotensi Profesional Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dosen STAI DDI Maros. Al-Hikmah, 14(1), 29-55. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/414
Section
Artikel
Abstract viewed = 456 times