Islam di Perancis (Islamisasi, Perkembangan, dan Eksitensi)

  • Salmah Intan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkapkan perkembangan Islam di Negara Australia dengan objek pembahasan meliputi: (1) proses islamisasi di Prancis, (2) perkembangan Islam di Prancis, (3) problematika dan eksistensi umat Islam di Perancis. Proses Islamisasi di Perancis di perkirakan bermula sejak terjadinya perang salib, yakni sekitar aba ke 11 sampai ke 13 M, kemudian proses Islamisasi tersebut berlanjut pada tahun 1830, yakni ketika imigran muslim berdatangan membawa barang dagangan mereka ke Perancis. Pertama, disebut proses Islamisasi melalui jalur peperangan daan yang kedua di sebut Islamisasi melalui jalur perdagangan. Pada masa-masa berikutnya proses Islamisasi di Perancis melalui jalur dakwah dan perkawinan.Umat Islam terus mengalami perkembangan di Prancis dari tahun ke tahun, terutama melalui jalur dakwah dan pernikahan, maka di perkirakan bahwa untuk tahun-tahun berikutnya, populasi ummat Islam di Perancis mengalami perkembangan yang signifikan secara kuantitatif. Seiring dengan perkembangan Islam di Perancis, ternyata umat Islam di sana dewasa ini, menghadpi problematika yang cukup pelik, terutama adanya pelarangan menggunakan jilbab bagi kaum muslimah. Pelarangan berjilbab di Perancis, ditenggarai sebagai usaha Barat untuk memaksa umat Islam agar melanggar hukum Islam. Walaupun demikian, kelihatan bahwa umat Islam di Perancis dewasa ini tetap eksis dan mampu bertahan hidup melawan situasi dan kondisi yang mengintarinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Usairy, Ahmad .Sejarah Islam; Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX, terj. Samson Rahman, Jakarta UI Press, 1985.

Al-Suyuti, Jalal al-Din. Tarikh al-Khulafa, Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1988.

Esposito, John L. “The Oxford encylopedia of the Modern Islam World”, Vol. 2, New York: Oxford University Press, 1995.

Gayo, Iwan. Buku Pintar Seri Senior plus 20 Negara Baru, Cet. XVII, Jakarta: Upaya Warga Negara 2000.

Hasan, Hasan Ibrahim. Islamic History and Culture, terj. Djahdan Human; Sejarah dan Kebudayaan, Yogyakarta: Kota Kembang, 1989.

Hitti, Philip K. History of the Arabs; from the Earliest Tmes to the Present, terj. R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, History of Arabs, Cet II, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Lapidus, Ira M. A History of Islamic Societies, terj. Ghufran Mas’adi; Sejarah Sosial Umat Islam, Cet. I, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1999.

Sewang, Ahmad M. dalam Makalah “Makalah Bedah Buku Islamisasi Kerajaan Gowa” 9 Juli 2005

Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan, (akarta: Bulan Bintang, 1975.

Nasr, Sayyed Hosen. A Young Muslems Guide to Modern World, terj. Hasti Tariakat; Menjelajah Dunia Moderen, Bandung: Mizan, 1994.

Thohir, Ajid. Perkembangan Peradaban Islam di Kawasan Dunia Islam; Melacak Akar Sejarah, Sosial, Politik dan Budaya Umat Islam, Cet. I , Jakarta: Rajawali Press, 2003.

Tim Penyusun.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian. Makassar: UIN Alauddin Press, 2013.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Cet. II, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.

Yatim, Badri. Hostoriografi Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

http://yahoo.comislamdiprancisbloggerep-lan

Published
2019-05-31
How to Cite
Intan, S. (2019). Islam di Perancis (Islamisasi, Perkembangan, dan Eksitensi). Al-Hikmah, 21(1), 112-121. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/9765
Section
Volume 21 Number 1, 2019
Abstract viewed = 6816 times