ISLAM DI AUSTRALIA (Tinjauan Historis dan Perkembangan)

  • M Dahlan M
    (ID)

Abstract

 

 

Tulisan ini bertujuan mengungkapkan perkembangan Islam di Negara Australia dengan objek pembahasan meliputi: (1) sejarah kedatangan Islam di Australia, (2) Perkembangan Islam di Australia.

Sebagian besar sejarawan mengemukakan bahwa Islam masuk di Australia melalui pelaut dan pedagang dari Makassar yang mencari teripang di laut Australia. Selanjutnya imigran muslim lainnya yang masuk ke Australia adalah komunitas muslim dari Afganistan yang sengaja didatangkan untuk membuka lahan-lahan gurun di Australia kelak melahirkan komunitas muslim besar di negara Australia.

Perkembangan Islam di Australia dapat dilihat pada meningkatnya populasi muslim di sana, kemajuan aspek pendidkan formal dan non formal serta kemunculan kegiatan organisasi keislaman. Perkembangan Islam juga dapat dilihat pada pembangunan fisik bangunan Islam di Australia seperti berdirinya ratusan masjid dan bangunan lain dengan arsitektur yang megah seperti museum dan Islamic Center.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-maududi, Human Rights in Islam, terj A. Mashir Budiman, Hak azasi Manusia dalam Islam, Bandung: Pustaka, 1985

Al-Wakil, Muhammad Sayyid. Pergerakan Islam Terbesar Abad ke-14 H Jakarta: As-Syaamil Press, 2001.

Hidayat, Iman Nur . “Kontribusi Kaidah Fiqh dalam Produk Fatwa di Negara Minoritas Muslim”, Jurnal Ijtihad Volume 7 No. 2 (2012).

Hosen, Nadirsyah. Dari Hukum Makanan Tanpa Label Halal hingga Memilih Mazhab yang Cocok, Cet. I, Jakarta: Mizania Mizan Group, 2015.

Maududi, Abu A’la Islamic Law and Constitution, Islamic Publications, Pakistan: LTD., Lahore, 1967.

Kartini, Indriani. “Minoritas Muslim di Australia dan Inggris”, Jurna Penelitian Politik 3 No. 1 (2016).

Tangngareng, Tasmin “Islam di Australia (Telaah tentang Eksitensi dan Sejarah Perkembangannya)”, Jurnal Sulesana 5 No. 2 (2012).

Tim Penyusun.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian. Makassar: UIN Alauddin Press, 2013.

Yatim, Badri. Hostoriografi Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Zarkasy, Hamzah Fahmy. Peradaban Islam Makna dan Strategi Pembangunannya, Ponorogo: Center for Islamic and Occidental [CIOS], 2010.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam-digest/16/08/20/oc7qzi313-islamic-museum-of-australia-yang-mengesankan.

https://Indonesia.embassy.go.au/jaktindonesia/muslim_di_australia.html

http://ejuornal.politik.lipi.go.id/index.php/jpp/article/view/424/138.

“2016 Census: Religion” Badan Statistik Australia, Australian Bureau of Statistic, http://www.abs.gov.au./AUSSTATS/[email protected]/mediareleasesbyReleaseDate/7E65A14450551D7CA2.

Published
2019-06-30
How to Cite
M, M. D. (2019). ISLAM DI AUSTRALIA (Tinjauan Historis dan Perkembangan). Al-Hikmah, 21(1), 155-156. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/9885
Section
Volume 21 Number 1, 2019
Abstract viewed = 8640 times