PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KATALOG MATERI PLANTAE

  • Lina Karlina
  • Jamilah Jamilah
  • Syahriani Syahriani

Abstract

Tujuan penelitian dan  pengembangan (Research and Development) ini adalah  mengembangkan buku ajar berbasis katalog, mengetahui tingkat kevalidan buku ajar berbasis katalog, mengetahui tingkat kepraktisan buku ajar  berbasis katalog, dan  mengetahui tingkat keefektifan buku ajar berbasis katalog. Model penelitian menggunakan  pengembangan Four-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek uji penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 MAN 2 Makassar. Kevalidan buku ajar berbasis katalog yang dikembangkan diperoleh data dari validator ahli sangat valid dengan nilai rata-rata 3.74. Respon peserta didik tingkat kepraktisan buku ajar berbasis katalog berada pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3.18, dan hasil tes peserta didik buku ajar berbasis katalog dikategorikan efektif karena mencapai nilai rata-rata 94,11 dengan persentase ketuntasan peserta didik 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiriani, A., & Hutari, E. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan, 1 (1).

Aminullah. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Pokok Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Gowa: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chomaidi & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Desmiwati, R., Ratnawulan & Yulkifli. (2017). Validitas LKPD Fisika SMA Menggunakan model Problem Bassed Learning Berbasis Tekhnologi Digital. Jurnal Eksakta Pendidikan (Online), Vol. 1, No. 1 (http://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/31/8, diakses 21 September 2020).

Elfahmi, A.K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanifah, U. (2014). Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab. At-Tajdid, 3 (3).

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: Umum dan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib, 16 (1). http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Model Treffinger Bagi Siswa SMA. Jurnal of Education Technology, 1 (2). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mustami, M.K., Suyuti, M & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam. Al-Qalam, 23 (1). http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i1.392

Muzaki, L., Slamin & Dafik. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning dengan Aplikasi Atutor pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. Pancaran Pendidikan, 3 (2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/739

Nurdin. (2007). Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: PPS UNESA.

Rajabi, M., Ekohariadi, & Buditjahjanto, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 3 (1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-%20prak/article/view/13561

Sadiman, A.S. dkk. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Bermedia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Belajar Siswa. MIIPS, 10 (1).

Widyoko, E.P (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2021-01-27
Section
Artikel
Abstract viewed = 274 times