PENGEMBANGAN MEDIA GAME LUDO MATERI ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM DARUSSALAM PANNYANGKALANG GOWA

  • A. Surianti Ningsi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Khalifah Mustami UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Game Ludo yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan  Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (defenisi), Design (rancangan), Develop (pengembangan), Disseminat (sebaran). Produk hasil pengembangan diujicobakan di SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Gowa dengan subjek uji coba peserta didik kelas X. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian penunjukkan Game Ludo berada pada kategori sangat valid  dengan nilai rata-rata  penilaian validator 3,87. Kepraktisan media Game Ludo pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3,53. media Game Ludo efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Media Game Ludo layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Desmiwati, R., Ratnawulan & Yulkifli. (2017). Validitas LKPD Fisika SMA Menggunakan model Problem Bassed Learning Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Eksakta Pendidikan (Online), Vol. 1, No. 1 (http://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/31/8, diakses 21 September 2020).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dian, K. (2015). Ensiklopedia Negeriku (Permainan Tradisional). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Erwin, W. (2017). Masalah-masalah Siswa dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Fitri, M. W., Budiarti, R. S., & Yeliant, U. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Siswa SMA Kelas X. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, 103(102.47).

Haviz, M. (2013). Research and Development; penelitian dibidang pendidikan yang Inovatif , Produktif, dan Bermakna,16 (1): 28-43.

Jannah., M.M & Yusman Wiyatmo. (2018). Pengembangan media pembelajaran permaainan Game Ludo untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar fisika siswa SMA. 240-249.

Mustami., M.K. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Yogyakarta: Aynat Publishing.

Mustami, M. K. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran Synectics dipadu Mind Maps terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif, dan Penguasaan Materi Biologi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(2), 173-184. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n2a4

Mustami, M. K. (2017). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam Melalui Pendekatan Saintifik. Al-Qalam, 23(1), 70-77. http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i1.392

Mustami., M. K. (2015). Metodogi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Ainat Publishing.

Novi, M. (2013). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Nurdin. (2007). Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi”. Surabaya: PPS UNESA.

Sadiman., A.S. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman., A.S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi pokok geometri ruang SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35-44. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9673

Trianto. (2013). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: “konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan”. Jakarta: Kencana.

Ummayssalam. (2017). Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Widoyoko., S.E.P. (2014). “Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2021-01-27
Section
Artikel
Abstract viewed = 504 times