PENGEMBANGAN E-BOOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA BERBASIS WORDPRESS DI SMANEGERI 4 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book sistem pernafasan pada manusia dan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, efektifitasnya. Subjek penelitian adalah peserta didik XI IPA 1 SMA Negeri 4 Makassar Sebanyak 32 Orang. Instrumen penelitian berupa angket respon guru, tes hasil belajar, lembar validasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian penilaian respon siswa dan guru, tingkat kepraktisan E-book berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata 3,48 (2,5 <Xi <3,4). Berdasarkan hasil penilaian validator tingkat validitas E-book termasuk dalam kategori valid dengan rata-rata 3,43 (2,5 <V <3). Berdasarkan uji hasil belajar siswa, keefektifan E-book berada pada kategori efektif dengan nilai 81 karena nilai persentase hasil belajar siswa sebesar 90,6%.Downloads
References
Emzir. 2015. Metodologi Penilaian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Haviz, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib, 16(1). http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131– 140. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Nasution, S. H., Anwar, L., Sudirman, S., & Susiswo, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 903-913. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/66
Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan E-book IPA Terpadu Tema Suhu dan Pengukuran untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/4267
Raharjo, Wahyu. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada.
Risdanto, B. (2014). Pengembangan e-learning Berbasis Web Menggunakan CMS (Content Management System) Wordpress di SMA Negeri 1 Kota Magelang. Magelang: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Supriyatin, S., & Ichsan, I. Z. (2018). Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Biotek, 6(2), 13-24. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6468
Soepeno, B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 63-69. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/view/135
Subiyantoro, E. (2014). Menapak di Era Digital dengan Memasyarakatkan Buku Digital. www.vedcmalang,com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/teknologi-informasi/1114-eko-subiyantoro-wisyaiswara-muda-departemen-teknologi-informasi-pppptk-boe-malang (Diakses 6 November 2018).
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Publisher.
Fitriah, U. N. (2017). LKPD Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/20217
Copyright (c) 2021 Muh. Rizal, Misykat Malik Ibrahim, Hamansah Hamansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.