PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU DOMINO PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kartu domino pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI MAN 1 Bulukumba yang valid, praktis dan efektif.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 1 Bulukumba yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian diperoleh tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis kartu domino dikategorikan valid dengan nilai rata-rata 3,44. Tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis kartu domino termasuk dalam kriteria praktis dengan rata-rata total 3,68. Tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis kartu domino dikategorikan efektif, karena 81% peserta didik mendapatkan nilai lebih besar dari nilai KKM dengan nilai rata-rata 77,09.
Downloads
References
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asnawir & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Iska., Z, N. (2008). Bimbingan Konseling. Jakarta: Kizi Brothers.
Hapsari, P., A., Haryono, T., & Ambarwati, R. (2016). Validitas Kartu Permainan Domino Invertebrata untuk Menentukan Hasil Belajar untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 5, No. 3.
Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta’dib.Vol. 16, No. 1.
Hestuaji, Y., Suwarto & Riyadi. (2012). Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Nasution, S., H., Anwar, L., Sudirman & Susiswo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal KIP. Vol. IV, No. 2.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Depublish.
Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 2.
Widoyoko, E., P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Copyright (c) 2020 Ermawati Azis, Andi Maulana, Zulkarnaim Zulkarnaim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.