PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan metode mind mapping, serta mengetahui perbedaan kemampuan berpikir krtitis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Enrekang yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan peserta didik yang diajar menggunakan meode mind mapping. Desain penelitian yang digunakan yaitu Two Group Pre and Post Design dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yakni kelas XI MIPA SMAN 2 Enrekang dan sampel penelitian yaitu elas XI MIPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan análisis deskriptif dan análisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu thitung = 3,63 > ttabel = 2,001 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = 58, sehingga thitung berada pada daerah penolakan H0 dalam artian hipótesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh dengan diterapkannya model pembelajaran CIRC dan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah kelas XI MIPA SMAN 2 Enrekang yang terlihat dari adanya perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas eksperimen tersebut.
Downloads
References
Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9-18.
Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map.Jakarta:Gramedia.
Cahyani,dwi, dkk,. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integratted Readingnd Compoosition) berbantuan LKS untuk meningkattkan motivasi belajar biologi siswa kelas VIII smp negeri 14 Jember, vol. 2 no. 3 (Diakses pada 16 Agustus 2018).
Huda,Miftahul,Cooperative Learning.Cet. XI ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2016.
Latifah, Rosiana dan Ara Hidayat. (2014). “Penerapan model pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind mappingterhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bojogsoang”, Skripsi. Universitas Islam Negeri Bandung. . http://digilib.uinsgd.ac.id/4110/( Diakses16 Agustus 2018).
Tee, T. K., Azman, M. N. A., Mohamed, S., Mohamad, M. M., Yunos, J. M., Yee, M. H., & Othman, W. (2014). Buzan mind mapping: An efficient technique for note-taking. International Journal of Psychological and Behavioral Sciences, 8(1), 28-31. . (Diakses 30 Oktober 2018).
Trianto .(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
White, T. K., Whitaker, P., Gonya, T., Hein, R., Kroening, D., Lee, K., ... & Hayes, E. (2009). The use of interrupted case studies to enhance critical thinking skills in biology. Journal of Microbiology & Biology Education: JMBE, 10(1), 25.
Copyright (c) 2020 Suarti Suarti, Ilyas Ismail, Ainul uyuni Taufiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.