PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis model Predict, Observe, Explain (POE) pada materi sistem peredaran darah yang valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penlitian yang digunakan adalah research and development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan pengembangan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 10 Gowa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi, angket respon guru serta lembar observasi keterlaksanaan perangkat untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) yang dikembangkan memiliki tingkat validitas oleh tim ahli materi dan ahli media sangat valid yaitu 3,87. Rata-rata respon respon peserta didik, respon guru, dan keterlaksanaan perangkat 3,69 berada pada kategori tinggi. Tes hasil belajar menggunakan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) diperoleh 68,75% termasuk kedalam kategori sangat efektif dengan presentase ketuntasan mencapai 91%. Sehingga modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2012). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 67, 490–499.
Hsiao, H.-S., Hong, J.-C., Chen, P.-H., Lu, C.-C., & Chen, S. Y. (2017). A five-Stage Prediction-Bbservation-Explanation Inquiry-Based Learning Model to Improve Students’ Learning Performance in Science Courses. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3393–3416.
Keleş, E., & Demirel, P. (2010). A Study Towards Correcting Student Misconceptions Related to The Color Issue in Light Unit With POE Technique. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3134–3139.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.
Liew, C.-W., & Treagust, D. (2004). The Effectiveness Predict-Observe-Explain (POE) Technique in Diagnosing Studen’s Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement. Tersedia Pada Http://Www. Curtin. Edu. Autheses/Availab Le/Adt/WCU20050228, 145638.
Mustami, M. K., & Dirawan, G. D. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 95(4), 917–925.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Pratiwi, H. E., Suwono, H., & Handayani, N. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnalonline. Um. Ac. Id.
Ratumanan, T., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi [Evaluation Of Learning Outcomes Relevant to The Curriculum Based On Competency]. Surabaya, Indonesia: Unesa University Press.
Sa’adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Empati, 7(1), 69–75.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Syamsiana, F., Suyatno, S., & Taufikurahmah, T. (2018). The Effectiveness of Using Poe (Predict-Observe-Explain) Strategy on Students’learning Result of Reaction Rate Chapter in SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1507–1512.
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100–117.
Yaumi Muhammad, Prinsip Desain Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Kencana. 2013.
Copyright (c) 2020 Nurbaya Nurbaya, Muh Rapi, Ahmad Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.