PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao, (2) mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar menggunakan model pembelajaran TANDUR di kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao, (3) menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TANDUR pada kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan Pretest Posttest Group Design. Sampel penelitian ini kelas X MIA 1 sebanyak 20 orang dan X MIA 2 sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan metode statistik berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, dengan nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) <α, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model quantum Teaching tipe TANDUR.
Downloads
References
Aisyah, Jaenudin, R. & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Provit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol.4, No.1.
Daryati, S. & Rumahorbo, B.T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Virus Siswa Kelas X SMAN 2 Skanto, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol. 6 ,No. 1.
Fauziyah D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaaran Quantum Teaching Tipe TANDUR dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Firdaus Y. (2016). Pengaruh Model Quantum Learning Tipe TANDUR Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Indah, S.M., Ngatman, & Chamdani. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR dalam Peningkatan hasil Belajar Matematika di Kelas IV SDN Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal FKIP UNS Vol. 1, No. 2.
Nur, I., E. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa, Jurnal Al-Ta’dib, Vol.8, No.2.
Pramudita, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII ditinjau dari Kecerdasan Majemuk, skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana.
Silsilia, M., Sakung, J., & Said, I. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap hasil Belajar Siswa Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri2 Palu, Jurnal Akademika, Vol. 4, No. 4.
Suprihatin S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa, Jurnal Promosi, Vol. 5, No. 1.
Copyright (c) 2020 Fitrawati Fitrawati, Salahuddin Salahuddin, Ainul Uyuni Taufiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.