PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PERMAINAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 6 BONE
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbasis permainan Truth and Dare terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 6 Kab. Bone. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu bentuk non-equivalent pretest-posttest control group. Populasinya yaitu semua peserta didik X MIPA SMA Negeri 6 Bone sebanyak 243 peserta didik. Sampel berjumlah 70 orang yang terdiri atas 35 orang X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 35 orang X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa dokumentasi, hasil tes belajar, dan lembaran observasi. Teknik analisis data yang telah diambil yaitu analisis deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji prasyarat dan diuji independent sample t-test. Perolehan dari penelitian yakni hasil belajar peserta didik eksperimen mendapat skor rata-rata 76,14 sedangkan hasil belajar peserta didik kontrol mendapat skor rata-rata 67,57. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22 didapatkan 0,000<0,05 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbasis permainan Truth and Dare dalam penelitian ini.
Downloads
References
Amin, Ahmad, Charli, Leo, Fita, Wenda Nov. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal, 2(2): 11.
Destriana, Pohan dan Simamora, Pintor. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Pokok Hukum-Hukum Newton. Jurnal Inpafi, 2(3): 51.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka.
Huang, Y.-M., Liao, Y.-W., Huang, S.-H., & Chen, H.-C. (2014). A Jigsaw-based Cooperative Learning Approach to Improve Learning Outcomes for Mobile Situated Learning. Educational Technology & Society, 17 (1), 128–140.
Ibrahim. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press.
Insany, Yenni Agustine Shovia. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fisika SMK. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(1): 76.
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kasih, Bernadeta Swahyuning, Nyeneng, I Dewa Putu, dan Distrik, I
Wayan. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran IPA pada Peserta Didik SMP Negeri 28 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro, 7(2): 190.
Meilan, Wise, Rohiat, Salastri, dan Amir, Hermansyah. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Call Card dan Truth and Dare. Alotrop:Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1): 39.
Mengduo, Qiao dan Jing, Xiaoling. (2010). Jigsaw Strategi as a Cooperative Learning Technique: Focusing on the Language Learner. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), 33(4): 113-125.
Miftahul, Huda. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Cet. 1: Yogyakarta: Pustaka Peserta Didik.
Mimmah, Mutham, Nasir, Muhammad, dan Syahril. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Sains IPA Fisika Peserta didik dengan Menerapkan Media Truth and Dare. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2): 5.
Nisa, Choirun Indah. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Truth and Dare terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia, 1(4): 2.
Nisa, Khoerun, Thamrin, AG, dan Agustin, Rima Sri. (2018) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE), 4(1): 77.
Priatmoko, Sigit, Binadja, Achmad, dan Putri, Seli Triana. (2008). Pengaruh Media Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik SMA Dengan Visi Sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1).
Rohmaniar, Jalmo, Tri, dan Marpaung, Rini Rita T. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.
Sadiman, Arief S, Rahardjo, R, Haryono, Anung, & Harjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trisianawati, Eka, Djudin, Tomo, dan Setiawan, Rendi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Vektor di Kelas X SMAN 1 Sanggau Ledo. Jurnal Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2): 51.
Copyright (c) 2021 Sri Faradibah Husaimah, Muh. Rapi, Syahriani Syahriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.