PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REMAP-STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMAN 2 GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran ReMap-STAD serta mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi biologi. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, populasi sebanyak 322 peserta didik yakni seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Gowa dengan sampel sebanyak 50 orang yang terdiri dari kelompok eksperimen ( XI IPA 5) dan kelompok kontrol (XI IPA 4) dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yakni tes hasil belajar berupa pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial dengan uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif tanpa menggunakan model pembelajaran ReMap-STAD memperoleh nilai pretest 42,71 dan posttest 69,38 dengan selisih rata-rata kenaikan 26,67, sedangkan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model pembelajaran ReMap-STAD memperoleh nilai pretest 46,60 dan posttest 82,60 dengan selisih rata-rata kenaikan 35,80, berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan IMB SPSS Statistics 24 diperoleh nilai Sig (2.Tailed)< ɑ atau (0,000 < 0,05) sesuai dengan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran ReMap-STAD berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi biologi.Downloads
References
Antika, Tri Linda, Corebima A.D & Zubaidah, Siti. (2016). Pengaruh Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Stad terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMA Malang. (Jurusan Biologi-FMIPA-Universitas Negeri Malang).
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Cet. XIII. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, Mawardi, Syahriani, Tambak, & Siwal. (2018).“Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqhi”, Jurnal Al-Hikmah. Vol. 15 No.1. Dimyanti dan Mujdiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi Sarah Nur. (2016). “Perbandingan Antara Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Pembelajaran Konvensional Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar PAI”. Skripsi (Jakarta: Fak Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).
Gaffar, Adb Abduh. (2020) . “Guru mata pelajaran biologi SMAN 2 Gowa”, Wawancara.
Hamdayama, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.
Hanafy, Muh. Sain. (2017). Buku Daras Model Pembelajaran. Watampone: Syahadah.
Kusuma, Indiana Dwi & Darmawan, Ericka. (2019). “Integration of STAD with Mind mapping to Enhanced Student Cognitive Through Classroom Action Research” Indonesian Journal of Biology Education, Vol. 2 No. 2.
Maulina. (2015). “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Berkelompok Tipe STAD dan Konvensional Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas VIII SMPN 5 Banda Aceh”. Jurnal Biotik.
Muri, Yusuf. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Mustami, Muh. Khalifah. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.
Mustami, Muh. Khalifah. (2007). Pengaruh model pembelajaran synectich dipadu mind maps terhadap kemampuan berpikir kreatif, sikap kreatif dan penguasaan materi biologi. Makassar: Lentera Pendidikan.
Mustami, Muh. Khalifah. (2017). Pembelajaran Sains dengan Model SM2CL. Cet. I; Makassar: Pusaka Almaida.
Mustami, Muh. Khalifah. (2009). Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa, Lentera Pendidikan, Vol. 12 No. 2.
Ramadhan, Farqiyatur. Susriyati, Mahanal & Zubaidah, Siti. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap STAD. Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan. Vol .2 No. 5. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp. (Diakses 12 Oktober 2019).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. cet. XV; Bandung: Alfabeta.
Sukardjo & Ukim, Komaruddin. (2013). Landasan Pendidikan Konsep & Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Taharu, Fahmil Ikhsan. (2018). “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reading-Concept Map-STAD”, Jurnal Prosiding Seminar Nasional, Vol. 02 No. 08. [email protected]. (Diakses pada 28 Mei 2020)
Pangestuti, Ardian Anjar. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Biologi BerbasisReMap-STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa IKIP BudiUtomo Malang. Jurnal Edubiotik. Vol.2, No.1. [email protected]. (Diakses 09 Februari 2020).
Puryanti, Catur & Fabianus, Fensi. (2017). “Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica”, Jurnal Psibernetika. Vol. 10 (2). (Diakses pada 11 Desember 2019)
Wina, Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata: Media Grup.
Copyright (c) 2021 Nurul Amelia Darwis, Salahuddin Salahuddin, Zulkarnaim Zulkarnaim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.