PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESSMENT BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PRAKTIKUM BIOLOGI KELAS XI MAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana proses pengembangan perangkat assessment berbasis keterampilan proses sains yang valid, reliabilitas dan efektif dengan model Plomp. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 MAN Binamu Jeneponto. Instrumen dalam pengumpulan data terdiriatas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi para ahli, instrumen pengujian reliabilitas berupa data nilai peserta didik dari hasil uji coba terbatas dan instrumen pengujian kepraktisan berupa angket respon guru. Berdasarkan hasiluji kevalidan dari para ahli masing-masing untuk perangkat assessment pra-praktikum, proses praktikum, laporan praktikum dan angket respon guru sebesar 1,00 dan dinyatakan valid. Reliabilitas hasil uji coba terbatas dari data nilai peserta didik dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach’s masing-masing perangkat assessment pra-praktikum, proses praktikum dan laporan praktikum memperoleh nilai berturut-turut sebesar 0,560; 0,145 dan 0,795 dinyatakan reliabel dengan kriteria berturut-turut reliabilitas sedang, sangat rendah dan tinggi. Sedangkan kepraktisan perangkat assessment yang dikembangkan diperoleh dari angket respon guru menunjukkan nilai 80,88 % hal ini menandakan bahwa perangkat assessment yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam penilaian praktikum. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat assessment berbasis keterampilan proses sains pada praktikum biologi kelas XI MIA 1 yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, reliable dan praktis.
Downloads
References
Ali, Ahmad. (2015). Pengembangan Perangkat Assessment berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Praktikum Anatomi Fisioligi Manusia, Tesis.Tidak diterbitkan.Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara
Asih, Triana. (2015). Pengembangan Model Panduan Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Biologi SMA/MA. Bioedukasi Junal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1): 30
Dewi, K. Sadia, I. W. dan Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal IPA. Vol.3.2
Hakim, Lukmanul. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima
Haksani. (2013). pengembangan Perangkat Assessment berbasis Keterampilan Generik Sains pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Lanju, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar, 14(1):28
Hobri. (2009). Metode Penelitian Pengembangan (Development Research) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Universitas Jember
Kasim, Kasmiah. (2015). Pengembangan Perangkat Assessment berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Praktikum Kimia SMA Kelas XI. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompotensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novitasari, Saefa dan Lisdiana. (2015). Pengembangan Instrument Penilaian Ranah Afektif dan Psikomotorik Pada Mata Kuliah Praktikum Struktur Tubuh Hewan, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Semarang. Unnes Journal Of Biology Education, 4(1): 97-103
Nuryani, R. (2005). Strategi Belajar Megajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)
Rahmadani, St, Jamaluddin dan Zulkifli, Lalu. (2015). Pengembangan petunjuk praktikum biologi dan instrument penilaian kinerja praktikum berbasis model pembelajaran kooperatif dan efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA kelas XI, Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. E-Jurnal Penelitian Pendidikan IPA,1(2): 2
Suarta, I Made. dkk. (2015). Model Authentic Self Assessment Dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1): 47
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progratif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Uno, Hamsah B. dan Koni, Satria. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Usman, Herman dan Yusuf, A. Momang. (2014). Pengembangan Perangkat Penilaian Kerja Praktikum Fisika Pada Peserta Didik SMP UNISMUH Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika,10(3):275.
Usman, Muh. User. (2001). Menjadi Guru Profesional (Edisi Kedua). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wulandari, Raifi. Sunardi, dan Indah, Arika K. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Kubus dan Balok.3(1): 133
Copyright (c) 2019 Wawan Setiawan, St. Syamsudduha, Nursalam Nursalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.