KEJENUHAN AKTIVITAS BELAJAR PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muchlisah Muchlisah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejenuhan aktivitas belajar praktikum ekologi hewan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian kuantitatif deskriptif ini memiliki sampel sebanyak 70 orang yang diambil populasi seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi angkatan tahun 2014. Data hasil penelitian yang diambil menggunakan instrumen angket praktikum ekologi hewan dan skala kejenuhan aktivitas belajar selanjutnya diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kejenuhan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan biologi diketahui 8 orang (11,428%) yang berada pada kategori rendah, 44 orang (62,857%) berada dalam kategori sedang, terdapat 18 orang (25,714%) berada dalam kategori tinggi. Sementara itu, jika dilihat dari rata-rata yang diperoleh sebesar 138,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa kejenuhan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan biologi berkategori sedang. Hal itu terjadi karena menumpuknya mata kuliah praktikum pada semester tersebut sehingga menyebabkan sebagian besar mahasiswa merasakan jenuh dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dkk. (1992). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Agustin, Mubiar. “Model Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa”. http:/file/lppm.ut.ac.id./htmpublikasi/01-mubiar.pdf, diakses 26 juli 2016.

Andriani, Nur. “Pengaruh Kelelahan Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Makassar: 2016.

Arikonto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Arikanto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Jaya. 2013.

Arman, Fabella T. Anda Sanggup Mengatasi Strees. Indonesia Publishing House. 1993.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2009.

Burnk, D. “How to Fight Burnout, Jurnal of College Deverlopment “. Vol.05 no.02. 2006.

Damayanti, Eka. “Peran Berdasar regulasi diri dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswi Madrasah Tsanawiyah X Yogyakarta. Tesis”. Yogyakarta: Universitas Gajdah Mada. 2011.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: Jumanatul ALI-ART, 2005.

Djalii. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Getteng, Abd. Rahman Menuju Guru Profesional dan Beretika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Hakim, Tursam. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara. 2004.

Hamzah, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara. 2005.

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. 2011.

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial . Yogyakarta: Erlangga. 2009.

Karlina dan Abubakar. “Efektifitas Pelaksanaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Teknik Self Intruktion dalam Menangani Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Medan”. Vol.5 no.1. 2015.

Khusumawarti, Zuni Eka. “Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya”. Vol. 05 no. 01 2014.

Makanun, Djohar, dkk. “ Keterampilan Esensial dan Kompetensi Motorik Laboratorium Ekologi”. Vol. 2. 2012.

Mania, Sitti. Metodologi Penelitian Pendidikan dabn Sosial. Makassar: Alauddin University Press. 2013.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Nugroho, Bhuono Agung. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi. 2015.

Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Parlina, Ryna dan Arif Marsal. “Kelelahan Kerja”. 2012. http://www. econosains. com/attachments/article/66/07%20RYNA%20PARLINA. pdf. Diakses pada 29 Juli 2016.

Purnama, Diana Septi. “Group Counseling Model For Overcoming Burnout Study For Yogyakarta State University Collegians. http://lontar.ui.ac.id/file. Diakses pada 26 juli 2016.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.

Ridwan. Skala Pengukuran dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2009.

Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Schwarzer, Ralf. “Preceived Teacher Self-Efficacy as a Predictor of Job Stress and Burnout: Mediation Analyses”. Vol.57. 2008.

Shihab, M.Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lantera Hati. 2002.

Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sudjana, Metode Statistik. Bandung: Tarsito. 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta. 2015.

Sugiyono. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Bndung: PT.Remaja Rosda Karya. 2013.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Published
2019-01-24
Abstract viewed = 398 times