PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TINAMBUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Aktivitas Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS), (2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS), (3) Pengaruh model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan menggunakan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tinambung yang terdiri dari 8 rombel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas X MIA1 sebanyak 35 siswa dan yang terpilih menjadi kelas kontrol adalah kelas X MIA2 sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis inferensial dapat diketahui bahwa penerapan model Search, Solve, Create and Share memberi pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 TinambungDownloads
References
Aunurrahman,Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.2009
Fatia Rosyida, Aloysius Duran Corebima, Eko Sri Sulasmi “Pengaruh Pembelajaran Search Solve Create And Share (Sscs) Terhadap Motivasi, Hasil Belajar, Dan Retensi Siswa Kelas X Sma Malang Pada Pembelajaran Biologi “ Jurnal Pendidikan (Malang : Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, 2016 Hal 1-9
Fitrianingsih Rahmatika, Siti Alimah.”Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda”. Unnes Journal of Biology Education(3)(2014)330337.
Hamdani.Strategi Belajar Mengajar. Cet.10; Bandung: CV Pustaka Setia, 2011
Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Usaha Nasional lebih bermakna. Surabaya: Myskat. 1993.
Idaman Elvira. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTS Darel Hikmah Pekanbaru.2012.
Irwan. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mate-matis Mahasiswa Matematika”. Jurnal Penelitian pendidikan, 12 (01): 1-10 (Diakses pada 13 Desember 2017).
Lentera Pendidikan.Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Vol 15 No 1 ISSN 1979- 3472(juni 2012).Hal 18.
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya ,2009
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Edisi Pertama. Cet.II; Jakarta: Kencana, 2012
Ni Kd Warmini, A. A. Gede Agung, Md Sumantri.” Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Berbantuan MediaVisual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Di Gugus VII Kecamatan Busungbiu “ Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Nurlaili Tri Rahmawati , Iwan Junaedi , AryWoro Kurniasih “Keefektifan Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa” http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme Vol 2 No 3 ISSN 2252-6927 Tahun 2013.hal 67. .(Diakses 27 11 2016)
Rahman. 2011. Model pembelajaran SSCS. [On Line] tersedia: http://adasains.blogspot.com/2011/02/model-pembelajaransscs. html. di unduh pada tanggal 25 januari 2012.
Risnawati, Strategi Pembelajaran Matematika,Pekanbaru, Suska Press.2008.
Runtut Prih Utami.”Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (Sscs) Dan Problem Based Instruction (Pbi) Terhadap Prestasi Belajar Dan Kreativitas Siswa”Bioedukasi Vol 4, No 2 ISSN: 1693- 2654 (Agustus 2011) hal 57 .(Diakses 27 11 2016) .
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011.
Shinta Fitri.”Perbandingan hasil belajar Matematika siswa menggunakan model pembelajaran koopertatif tipe NHT dengan Tipe SSCS di MTs Darul Hikmah”, Skripsi (Pekan Baru : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. 2012 ) hal 30 Diakses 1 Desember 2017
Utami, Prih Runtut. 2011.”Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dan Problem Based Instruction Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa”. Jurnal Bio-edukasi, 4 (2): 57-71
Wen-haw chen. “applying problem-based learning model and creative design to conic-sections teaching”. International journal of education and information technologies Issue 3, volume 7, 2013.
Copyright (c) 2019 Samira Samira, Muh Khalifah Mustami, Ainul Uyuni Taufiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.