ANALISIS KINERJA GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI PANGKEP DI KABUPATEN PANGKEP

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh Rapi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru mata pelajaran biologi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Pangkep. Kinerja Guru dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran serta faktor penghambat dan pendukung dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Pangkep. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi dengan mengobservasi menggunakan instrumen lembar ceklis, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru mata pelajaran biologi dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 sudah baik (2) kinerja guru mata pelajaran biologi dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 sudah baik (3) kinerja guru mata pelajaran biologi dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 sudah baik (4) Faktor penghambat yang dialami oleh guru mata pelajaran biologi menerapkan kurikulum 2013 yaitu waktu pembuatan RPP, keaktifan peserta didik. Kemudian faktor pendukung yaitu guru pada dasarnya telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, guru mempunyai pegangan silabus sehingga mempermudah dalam membuat RPP, guru dan siswa mempunyai buku pegangan, penggunaan media dan metode belajar yang sesuai dengan materi, kehadiran siswa disetiap materi pelajaran dan rubrik penilaian yang menjadi patokan dalam menilai peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadlillah, M. Implementasi Kurikulum 2013. Cet.1; Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2014.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 1999.

Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif,Cet I ; Bandung: Alfabeta, 2015

Kurisnasih, Imas dan Berlin Sani, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya:Kata Pena, 2014.

Kudsiah. Wawancara Guru Mata Pelajaran Biologi. Madrasah Aliya Negeri Pangkep: Pangkep, 3 Maret 2018.

Kementerian Pendidikan Nasional, Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan , 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudaayaan Republik Indonesia: No 70. Jakarta:Permendikbud,2013.

Machali, Imam Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, Jurnal Pendidikan Islam4, No. 1( 2014)

Mulyasa, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Mania, Sitti Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial,Makassar:Alauddin Univesity Press, 2013.

Masitoh, dkk. Pendekatan Belajar Aktif. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Edisi II ( Cet. II; Jakarta : Bumi Aksara,2013).

Natsir, Awaluddin. Wawancara Guru Mata Pelajaran Biologi, Madrsah Aliyah Negeri Pangkep: Pangkep, 5 Maret 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2006

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan (Cet VII; Jakarta : PT Remaja Rosdakarya, 2011 ).

Siswi Dwi Ayuriyanti, “Hambatan Guru dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Pembelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia pada Penerapan Kurikulum 2013 di SMK Se daerah Istimewa Yogyakarta,” dalam Al Majid (2014) Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Interes Media.

Published
2019-01-24
Abstract viewed = 306 times