PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD PADA MATA KULIAH EKOLOGI TUMBUHAN

  • Warda Murti Universitas Muslim Maros
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Yapim Maros pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dengan menggunakan media flashcard. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros sebelum menggunakan media flashcard, Bagaimana hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros setelah menggunakan media flashcard, Apakah terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros setelah menggunakan media flashcard. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros semester VI kelas Biologi 1 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Quasy eksperimen Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Pedoman Observasi dan Tes Hasil Belajar yang terdiri dari Pre-test dan Post-test.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Tiro, Muh. Dasar-Dasar Statisika, Makassar; Universitas Negeri Makassar, 2000.

Depdikbud. Pendidikan Nasional. Cet. II, Jakarta; Katalog Klode Putra Timur, 1995.

Rosdinar. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Metode Ceramah Dengan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD siswa kelas II MTs Negeri Model Makassar: Skripsi UNM, 2004..

Sahabuddin. Mengajar dan belajar, Makassar: UNM, 2007.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka, 1991..

Usman User, Muh. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 1993

Walgito, Bima. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta; Andi, 2003.

Yamin Martinis. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Published
2019-01-24
Abstract viewed = 695 times