PENGEMBANGAN BUTIR SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILS MATERI SISTEM GERAK UNTUK SISWA SMA

  • Nurwanah Nurwanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Univeristas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan butir soal HOTS yang valid, reliabel, memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda pada materi Sistem Gerak di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development R&D) dengan model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model Plomp, yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu pengkajian awal (preliminary investigation), perancangan (design), realisasi/konstruksi (realisation/construction), tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revition) dan implementasi (implementation). Uji coba soal hasil pengembangan dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pangkep dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 35 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi dan butir soal HOTS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kevalidan butir soal HOTS yaitu 3,6 dengan kategori sangat valid, reliabilitas 0,81 dengan kategori sangat baik, tingkat kesukaran 0,60 dengan kategori sedang, dan daya pembeda 0,23 dengan kategori cukup. Implikasi butir soal HOTS yang dikembangkan dapat melatih dan memotivasi peserta didik untuk melakukan pemikiran tingkat tinggi sehingga tidak tertuju pada jawaban yang hanya sekedar mengingat dan menghafal konsep.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afriani, K. (2015). Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda Berbasis Visual Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI Pada Konsep Sistem Indra Tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Cirebon : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Amelia, M.A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil belajar High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian (Edisi khusus PGSD). Vol. 20, No. 2.

Amri, S. & Ahmadi, L.K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta : PT Prestasi Pustakarya.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Matematics. Vol. 2, No. 1. http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Vol 19, No. 2.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fanani, M.Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS pada Kurikulum 2013. Edudeena Jurnal of Islamic Religious Education. Vol. 2, No.1. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935-942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Kusuma, M.D., Rosidin, U., Abdurrahman & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Thinking Skill (HOTS) Instrument Assesment in Physics Study. Journal of Research & Method in Education. Vol. 7, No. 1. DOI: 10.9790/7388-0701052632

Nisa, N.C., Nadiroh & Siswanto, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Tetang Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. Vol. 19, No. 2. https://doi.org/10.21009/PLPB.192.01

Nofiana, M., Sajidan & Puguh. (2014). Pengembangan Instrument Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Question Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Kingdom Plantae. Jurnal Inkuiri. Vol. 1, No. 1.

Nugraha, W, Harini & Sudarno. (2016). Analisis Butir Soal Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi dalam Kaitannya dengan Aspek Kognitif Taxonomi Bloom. Jurnal Bisnis dan Pendidikan Ekonomi. Vol. 2, No. 2.

Puteh, M., Tajudin, N.M., Adnan, M. & Aziz, A.A.M.A. (2017). Development Of Secondary Mathematics Higher Order Thinking Skills Assesment Instrument : Challenges and Constrain. International Journal Of Advanced Biotechnology and Research (IJBR). Vol. 8, No. 3. DOI: 10.7456/1080SSE/166

Rahmani, M., Ningsih, K. & Nurdini, A. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 4, No. 2.

Salmina, M. & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Bnda Aceh. Numeracy. Vol. 4, No. 1.

Sarwono, S.W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Nana Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tyagita, B.P.A. & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 5, No. 2. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

Warisdiono, E. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Diterbitkan
2020-08-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 724 times