PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA SUB MATERI INVERTEBRATA

  • Fitri Mulya Wahyuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh Khalifah Mustami Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Hamansah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis kartu pasangan yang valid, praktis dan efektif pada sub materi  invertebrate di SMAN 6 Kab.Kepulauan Selayar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu Pendefinisian(Define), Perancangan(Design),Pengembangan(Devalop), dan Penyebaran(Disseminate). Penelitian ini menggunakan subjek uji coba pada siswa kelas X SMAN 6 Kab. Kepulauan Selayar yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kevalidan media kartu pasangan yaitu 3,38 yang berada pada kategori valid, tingkat kepraktisan media berada pada kategori positif dengan rata-rata penilaian 3,41 dan tingkt keefektifan media kartu pasangan berada pada kategori sangat efektif dengan ketuntasan 100% dengan hasil penilaian rata-rata88,96 dan dikatakan sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal Bioedukasi, Vol. 9, No. 1.

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, Vol. 9, No. 2.

Liliswanti, R., Saputra, O., & Windarti, I. (2015). Peran Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan, Vol. 6, No. 1.

Mustami, M.K. (2017). Validitas Penuntun Praktikum Ilustratif Mikroteknik Hewan Berbasis Guided Inquary. Jurnal Ilmiah Pena, Vol. 9, no. 1.

Nasution, S., H., Anwar, L., Sudirman & Susiswo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal KIP, Vol. IV, No. 2.

Ngure, G., Begi, N., Kimani, E., & Mweru, M. (2014). Untilization of Instructional Media for Quality Training in Pre-primary Scholl Teacher Training Collages in Nairoby Country, Kenya. Researchjournali’s Journal of Education, Vol. 2 No. 7.

Nuriana. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Mencari Pasangan Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Master Bahasa, Vol. 6 No. 2.

Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.

Rahmi, M., Fitriani & Kurniasih, D. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rootating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI IPA SMA Adisucipto Sunggai Raya. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, Vol, 6 No.1.

Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin Universitas Press.

Smaldino, Sharon, Daborah, lowter & james. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Research Development Cet. Ke-20.; Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widoyoko, E., P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Diterbitkan
2020-08-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 478 times