PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME TEKA-TEKI GAMBAR PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

  • Kharisma Kharisma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St Syamsudduha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Hamansah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Sistem gerak manusia, teka-teki gambar, media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran teka-teki gambar pada materi sistem gerak manusia di MTs Pesantren Kelautan Perak dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran teka-teki gambar pada materi sistem gerak manusia di MTs Pesantren Kelautan Perak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek ujicoba yaitu 11 peserta didik kelas VIII MTs Pesantren Kelautan Perak Kabupaten Pangkep. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon pendidik dan peserta didik serta tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat kevalidan media pembelajaran teka-teki gambar berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,93, tingkat kepraktisan media pembelajaran teka-teki gambar materi sistem gerak berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata respon pendidik dan peserta didik sebesar  3,42 sementara keefektifan media pembelajaran teka-teki gambar materi sistem gerak berada pada kategori sangat efektif dengan rata-rata ketuntasan 85,45%, hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran teka-teki gambar materi sistem gerak manusia di MTs Pesantren Kelautan Perak Kabupaten Pangkep telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian, Jurnal THEOREMS, 2 (1) https://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Prndekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Daryano. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Haviz, M. (2013). Research and Development Penelitian Dibidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta’dib, 16(1) https://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Hidayah, I, N., Utami., T. H., Qohar, A & Nasution, S. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) http://matematika.fmipa.um.ac.id/jurnal/JPM%20TAHUN%20III%20NO%201%202016.pdf

Mirojiyah, F. L. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multipresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan, 3(1) https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3709

Mustami, M. K. (2015). Metodologi Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Mustami, M.K., Suyuti, M & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan Dan Efektifitas Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Spiritual Islam, Jurnal penelitian agama dan sosial budaya, 23(1) http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i1.392

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1(1) https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Nurrita, T (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.. Jurnal Ilmu Alquran, Hadis, Syariah Dan Tarbiyah, 3(1) http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prawira, H. B. (2014). Revolusi Sistem Pendidikan Nasional Dengan Metode e-LEARNING. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rafiqa. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23) https://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1737

Sakinah, H. N. (2020). Pengembangan Leaflet Materi Ajar Sistem Reproduksi Terintegrasi Konsep Islam untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Pesantren Putri AL-Munawwarah”. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono dan Nurani, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko, S. E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 438 times