Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan Konsep, Dan Aplikasi Konsep) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan

  • Hasniati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Marjuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulkarnaim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran EPA, sistem pernapasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran EPA, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan metode Konvensional, (3) serta mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran EPA terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 siswa dari seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Datarang. Sampel penelitian adalah 21 siswa kelas VIII A dan 21 siswa kelas VIII B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar yaitu tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 nomor. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar 79,61, sedangkan pada kelas kontrol 59,5. Hasil uji-t diperoleh nilai sign untuk hasil belajar sebesar 0,000, nilai ini menunjukkan bahwa sign < α = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen maupun kelas kontrol, dan kelas eksperimen yang menggunakan metode EPA lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Biologi

Referensi

Arini, Dita Setya, dkk (2020). “Efektivitas Learning Cycle 3E Berkonteks Socioscientific Issue terhadap Pemahaman Konsep dan Penjelasan Ilmiah Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan 5 (11) https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14154

Dewati, R, dkk (2013). “Evektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 3E dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)”, Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2) https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MtK/index

Hadi, Arnasari M dan Kafnun Fitriah. (2019). “Penerapan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan Konsep, dan Pengenalan Konsep) untuk Meningkatkan Hasil Belajar”, Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 2 (1) https://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika/article/view/575

Hamansah dan Hading. (2016). “Pengaruh Penerapan Modul Stiles Biologi sel terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”,Jurna Biotek 4 (1) https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1778

Hartiti, Ratna (2013). “Penerapan Media Animasi Flash dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti”, Jurnal Pendidikan Seni Rupa 1 (1) https://jurnalmahasiswa.unesca.ac.id/index.php/va/article/view/9782

Jack, G. U. (2017). “ The Effect of Learning Cycle Constructivist-Based Approach on Students’ Academic Achiavement and Attitude towards Chemistry in Secondary Schools in North-Eastern Part of Nigeria. Educational Research and Reviews 12 (7) https://academicjournals.org/journal/ERR/how-to-cite-article/BA7D46563683

Latuputty, F, dkk. (2017). “Model Pembeljaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA N 10 Ambon pada Konsep Sistem Pernapaan Manusia”, Biopendix 3 (2) https://doi.org/10.30598/biopendixvol3issue2page148-153

Makassar, Melani Kulsum. 2019. “Penerapan Starategi Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi Konsep) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII pada Konsep Makhluk Hidup di SMP N 4 Kota Tual”. Skripsi. Ambon: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Masjudin dan Nilawati. (2014). “Penerapan Metode EPA (Eksplorasi, Penegnalan Konsep, dan Aplikasi Konsep) untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Siswa”, Jurnal Media Pendidikan Matematika (J-MPM) 2 (1) http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1845

Mussanni, dkk. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Learning Cycle (LC) 3E pada Materi Pokok Teori Kinetik Gas dan Termodinamika”, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) 1 (1) https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/10

Mustami, Muh. Khalifah. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. 1. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Nurcholis. (2013). “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”, Jurnal Kependidikan 1 (1) https://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/530

Nurhidayati, Siti dkk. (2015). “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar biologi Siswa”, Jurnal Pendidikan 14 (3) https://www.researchgate.net/publication/322286901

Rohwati, M. (2012). “Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup”, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2017

Sholeh. (2016). “Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah ayat 11)”, Jurnal Al-Thariq 1 (2) https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/633

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Gramedia.

Suparlan. (2019).“Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran”, Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 1 (2) https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208

Susanty, Ella. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tie Make A match dan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar PKn ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada MTsN di Kabupaten Kudus”, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2 (2) https://jutnal.fkip.uns.co.id/index.php/tp/article/view/3655

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainifuza. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran EPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Siswa SMA N 1 Darul Imarah Aceh Besar”. Skrpsi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Diterbitkan
2023-05-17
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 108 times