Pengembangan Media Pembelajaran Surprise Box Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas IX SMPN Satap Katumbangan

  • Nur Adina Rizal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ummul Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan media pembelajaran Surprise Box pada materi sistem reproduksi kelas IX SMPN Satap Katumbangan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D). Metode ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini sebanyak 13 orang peserta didik di kelas IX SMPN Satap Katumbangan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar literasi, lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil validasi media sebesar 3,8 yang berada pada kategori sangat valid yang berada pada kategori sangat valid. Penilaian respon melalui angket sebesar 91,25% berada pada kategori sangat praktis dan tes hasil belajar peserta didik berada pada kategori efektif karena 100% hasil belajar peserta didik tuntas. Implikasi penelitian ini adalah tersedianya media pembelajaran Surprise Box yang dapat mengefektifkan pembelajaran, terutama pada materi sistem reproduksi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 143 times