Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Animalia Kelas X SMAN 8 Luwu Timur

  • Arvia Larasati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: udo game media, learning outcomes

Abstrak

Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu media yang banyak digunakan adalah media permainan. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media permainan ludo terhadap hasil belajar peserat didik kelas X SMAN 8 Luwu Timur. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing 18 peserta didik. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposiv sampling. Data dikupulkan melalui tes hasil belajar bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas ekperimen sebesar 83,11 jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 60,00. Nilai signifikansi uji t menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 (sig @). Sehinbgga dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan ludo berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia kelas X IPA SMAN 8 Luwu Timur.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asmarnis, N.Y & Rosa, M. (2016). Media dan Efektivitas Belajar Siswa untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1). https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/download/171/161.

Fadillah, A.R & Iswendi. (2019) . Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo Edutainment Pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Padang. Edukimia Journal, 1(3). https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i3.a76.

Hasanah, U., Rica, W & Metty, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/download/5334/2310.

Ilyasa, R.A. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Indriani, S.D. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Permainan Ludo Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Magelang). Skripsi. https://eprintslib.ummgl.ac.id.

Iqra, M. (2020). Pengaruh Penerapan Media Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri 2 Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.

Jannah, M.M & Yusman, W. (2018). Pengembangan Media pembelajaran Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA, Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3).

Maria, S., Dwi, F.S & Eti, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 4(1). https://journal.ikippgriptk.ac.id.

Magdalena, I., et al. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Bunder III. BINTANG: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Mahmud, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Mantel Sang Ahli. Jurnal Saintifik, 2 (1). https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i1.94.

Nabilla, U., Maghfi & Suyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar. SELLING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1). https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3ni.171.

Polona, J & Vlasta, H. (2018). Teaching Social Studies With Games. International Journal of Game-Based Learning, 8(2). https://www.igi-global.com/journals/.

Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pintar Indonesia pada Muatan IPS Materi Rumah Adat Kelas IV SDN Karangayu 03 Semarang. Skripsi. Semarang: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id.

Rahmawati, I & Rissalatul, I. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO. Jurnal Ilmiah Hospitality 103, 10(1). https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/download/728/594/.

Sadiman, A.S., Rahardjo, H., Haryono, A & Rahardjito, D. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Depok: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan Cet, VI; Jakarta: Kencana.

Setiawati, T., Oyon, H.P & Momoh, H. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13176.

Setyaningsih, M.D & Dewi, N.R. (2015). Pengembangan Media Papan Permainan Berbasis Scince-Edutainment Tema Makanan Untuk Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8842.

Sulis, A., Musnar, I.D & Putri, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://journal.univetbantara.ac.id.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5(2). https://jurnal.umpar.ac.id.

Yanida, F & Iswendi. (2018). Efektivitas Media Permainan Ludo Berbasis Chemo Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Sman 5 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. MENARA: Ilmu, 12 (12). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/1085/938.

Zaki, A & Diyan, Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar.

Diterbitkan
2022-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 532 times