Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Ajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 10 Sinjai

  • Nurfahsyai Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis Google Classroom terhadap hasiil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ialah seluruh kelas XI SMA Negeri 10 Sinjai. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki mean sebesar 52,06, sedangkan kelas kontrol memiliki mean sebesar 77,83. Analisis inferensial diperoleh nilai sig. dari 0,001, menunjukkan bahwa sig. a = 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif bahan ajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Sinjai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Praja, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 130. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/1980-4140-1-PB%20(1).pdf.

Sadiman, A. et al. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aryanto, et al. (2021). Implementasi Proses Pembelajaran Daring di SDN 3 Klangenan. Prosiding dan Web Seminar (Webinar).

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510.

Henukh, et al. (2020). Implementation of Google Classroom as multimedia Learning2. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika 5 (1), 35. http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1539.

Fuad, I. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan (Cet. VII; Jakarta: Rineka Cipta, 2011), h. 2.

Sriyani, I. (2021). Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Administrasi Umum. Indonesian Journal of Education and Learning 4 (2), 457. http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3111.

Izenstark, A. & Leahy, K. L. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 32 (9), 1-3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.

Novianti, et al. (2020). Merekam Pandemi Covid-19 dan memahami Kerja Keras Pengawal APBN. Jakarta: Kementerian Keuangan RI.

Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 1 9). Jakarta: Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, G. K., Ani, Y., & Dewi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Effect of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Al-Fikrah, 2 (1), 60–79. https://core.ac.uk/download/pdf/326444186.pdf/.

Salsabila, et al. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 17 (2), 191. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138/.

Siyoto, S. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Wijaya, A. (2016). Analysis of factors affecting the use of Google Classroom to support lectures. The 5th International Conference on Information Technology and Engineering Application, 61–68. http://eprints.binadarma.ac.id/2777/.

World Health Organization. (2020). Statement on the second meeting of the International Health Regulations (2005) Emergency Committee regarding the outbreak of novel coronavirus (2019-nCoV). https://www.who.int/news/item/30-01-2020-statement-on-the-second-meeting-of-the-international-health-regulations-(2005)-emergency-committee-regarding-the-outbreak-of-novel-coronavirus-(2019-ncov)

Diterbitkan
2022-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 49 times