Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Translation, Analisys, Design, Implementation, Review (TADIR) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMPN 3 Kelara

  • Risna Amir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: TADIR learning model, Learning Outcomes

Abstrak

Model pembelajaran penting diterapkan secara bervariatif dalam pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model Translation, Analisys, Design, Implementation, Review (TADIR). Penelitian quasi ekperimen dengan desain non-equivalent control grup dipilih untuk mengetahui pengaruh model TADIR terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pencemaran lingkungan di SMPN 3 Kelara. Sampel penelitian dipilih secara simple random sampling dengan kelas VII sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik tes menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 15 butir. Hasdil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan penerapan model TADIR diperoleh rata-rata hasil belajar posttest sebesar 74,5 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata 63,2. Nilai signifikansi ghasil uji t sebesar 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan penerapan model pembelajaran Translation, Analysis, Design, Implementation Review (TADIR)  berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Pencemaran Lingkungan di SMPN 3 Kelara.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arista, Rika.dkk. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Tadir Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Gugus XI Kecamatan Buleleng, Mimbar PGSD Undiksha 1, No. 1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/735

Darmadi 2017, “Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa”, Yogyakarta : CV Budi Utama.

Dina Gasong, 2018. “Belajar dan Pembelajaran” Yogyakarta: CV: Budi Utama.

Elfariza, Diona. 2018. “Pengaruh model Pembelajaran Tadir Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa”, Skripsi (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/PMT UIN Syarif Hidayatullah,). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40006

Hanafiy, Muh Sain. 2017. Model Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press.

Mufidah, Endah Fitri. 2017 .“Integritas Model Pembelajaran Tadir Dengan Nilai-nilai Islam Untuk Pembentukan Sikap Sosial Siswa”, Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Matematika , UIN Sunan Ampel Surabaya.. https://core.ac.uk/download/pdf/146817656.pdf

Mussani dkk, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Learning Cycle (CL) 3E Pada Materi Pokok Kinetik Gas dan Termodinamika”. Jurnal penelitian Pendidikan Matematika (J-MPM) 2 no, 1. https://scholar.google.com.my/scholar?q=related:7tKPivkhQckJ:scholar.google.com/&scioq=pengembangan+bahan+ajar+fisika+SMA+berbasis+learning+cycle+3E+pada+materi+pokok+teori+kinetik&hl=id&as_sdt=0,5.

Mustami, Muh. Khalifah, dkk. 2017. “Learning Model Combined With Mind Maps and Cooperative Strategis For Junior High School Student”, Journal Of Engineering and Applied Sciencess”, 12, no. 7 (Januari).

Nugraha,Muldiyana. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran”, Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, No. 1. Juni. https://www.neliti.com/publications/256486/manajemen-kelas-dalam-meningkatkan-proses-pembelajaran

Pane, Aprida, 2017 dkk.”Belajar dan Pembelajaran, Fitrah”, Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3 No. 2 http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/download/945/795

Rahmat, Pupu Saeful.2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyid,M,Z dkk. 2019. Prestasi belajar.Malang : CV Literasi Nusantara.

Rostriningsih dan Maisaroh. 2010 “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8, no. 2 .. https://www.neliti.com/publications/17197/peningkatan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-metode-pembelajaran-active-le

Sariana, Wahida. 2018. “Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran TADIR ( Translation, Analisys, Design, Implementation, Review) Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam dan PBL ( Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Wahda Islamiyah Makassar”, Skripsi (Makassar: UIN Alauddin,). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/view/year/2018.default.html

Diterbitkan
2022-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 79 times