Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang Kelas X MA

  • Ilmitul Amalia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Syamsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: cognitive learning outcomes, psychomotor learning outcome, RADEC

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni: menggambarkan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penerapan model pembelajaran RADEC pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang kelas X MA Madani Pao-pao, menggambarkan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penerapan model pembelajaran langsung pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang kelas X MA Madani Pao-pao dan menguji pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang kelas X MA Madani Pao-pao. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) sebanyak 30 serta kelas X MIA 2 (kelas kontrol) sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil belajar kognitif (post-test) di kelas eksperimen dengan mean 84.53 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan mean 77.47. Hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen dengan mean 86.39 lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni 73.30. Uji hipotesis hasil belajar kognitif dan psikomotorik menunjukkan thitung > ttabel sehingga disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan, limbah dan daur ulang kelas X MA Madani Pao-pao

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustin, M. et al. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik PGSD." Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 140-152. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/12653

Andini, S. R. & Yanti F. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik terhadap hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Besicedu, 5(3), 1435-1443. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960

Angga et al. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3149

Asri, Y. N. et al. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sukabumi: Haura Utama.

Azis, L. & Triana A. Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Animated Menggunakan Model Radec ( Read , Answer , Discuss , Explain , Create ) Materi Sistem Respirasi. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 59-73. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/5305

Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound." Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70-77. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr/article/view/4777

Fatmawati, R. & Muchammad R. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Journal Focus Action of Research Mathematic, 1(1), 43-56. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/article/view/129

Fuziani, I. et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran RADEC dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8319-8326. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2335

Handayani, H. et al. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran RADEC Bagi Calon Pendidik Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 79-93. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/185 .

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Ishaac, M. (2020). Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bogor: Guepedia.

Kusumaningpuri, A. R. & Endang F. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103-111. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1169

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nurseptiani, K. & Neneng M. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan Membandingkan Model Pembelajaran RADEC dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Pendidik, 2(2), 13-19. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/127

Permatasari, B. D. et al. (2019). The Influence of Problem Based Learning Towards Social Science Learning Outcomes Viewed From Learning Interest”. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39-46. https://eric.ed.gov/?id=EJ1211318

Pohan, A. A. et al. "Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Peserta Didik", Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Pratama, Y. A. et al. (2020). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 191-203. https://ojs.unimal.ac.id/ijevs/article/view/1379

Rahayu, A. H. et al. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer-Discuss-Explain-and-Create (RADEC) Berorientasi Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 680-686. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1170

Rahmayani, A. et al. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 59-62. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/3939

Ramadini, R. et al. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran RADEC terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 06 Payung. Jurnal Pendidikan, 5(2), 99-104. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1647

Ramdoni, F. et al. (2022). Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) dalam Pembelajaran Menulis Berita. Seminar Nasional Riksa Bahasa

Rindiana, T. et al. (2022). Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dalam Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89-100. https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/186

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(2), 166-178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173

Setiawan, D. et al. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep peserta didik sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130-140. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/4922

Sopandi, W. (2017). The Quality Improvement of Learning Processes and Achievements Throught the Read-Answer-Discuss-Explain-and-Create Learning Model Implementation. Proceeding 8th Pedagogy international Seminar.

Sukmawati, D. et, al. (2020). The Application of Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (Radec) Models to Improve Student Learning Outcomes in Class V Elementary School on Human Respiratory System. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1787-1798. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/801

Yulianti, Y. et al. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1915

Yulisdiva, A. et al. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dengan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Gaya. Jurnal Edukasi, 7(1), 16-25. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/612

Zuhra, F. & Nanda S. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Mahapeserta didik didik PGSD Melalui Model Pembelajaran RADEC. Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14(2), 111-115. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/vrs/article/view/1242

Diterbitkan
2024-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 189 times