PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

  • Nurnisa Nurnisa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ismail Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan produk modul biologi berbasis pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) mengandung gambar dan soal-soal latihan untuk menguji tingkat pemahaman siswa serta melibatkan unsur sains. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D, dimulai pada tahap define (pendefinisian) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, tahap develop (pengembangan) menghasilkan modul yang telah direvisi dan tahap disseminate (penyebaran) dengan menggunakan modul yang telah dikembangkan dalam skala lebih luas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian terbagi tiga yaitu format validasi instrumen penilaian modul  untuk data kevalidan, format kepraktisan modul berupa angket respon siswa, dan format keefektifan modul berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh  data uji coba kevalidan modul yang direvisi sebanyak 3 kali, modul memenuhi kategori sangat valid dengan skor rata-rata 4,21, untuk uji coba kepraktisan modul diperoleh skor rata-rata 4,38 yang termasuk kategori praktis dan setelah uji coba keefektifan modul  memenuhi kategori efektif untuk digunakan dengan perolehan skor rata-rata 81,78 %. Hal ini mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agung Webe. (2010).Smart Teaching. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

Amri, Sofan dan Ahmad A. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Arief, Sardiman. (2011). UU Sistem Pendidikan Nasional. Jakarata: Sinar Grafika.

Departemen Agama RI. (2013).Al-Qur’an, Tajwid dan Terjemah. Cet. V; Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Emzir. (2007).Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hanafiah,Nanang dan Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Majid Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.

Mustami, M. K. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran.

Mustami, M. K. (2015).Development Of Worksheet Student Oriented Scientific Approach At Subject Of Biology. Makassar.

Narbuko dan Acmadi. (2009). Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPS UNESA.

Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar. (2014).Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tesis dan Disertasi. Makassar: Alauddin University Press.

Prastowo A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.

Pratama H. S. Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Fisika Smp Kelas IX Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Materi Gerakan Bumi Dan Bulan Yang Terintegrasi Budaya Jawa.Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1)diakses 20 Agustus 2016.

Rapi Muhammad. (2012).Pengantar Strategi Pembelajaran (Pendekatan Standar Proses). Makassar: Alauddin University Press.

Sadiman dan Tristia Ningsih. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTS. Jakarta: Duta.

Safei, Muh. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran BIologi Berbasis Konstruktivis di MAN 1 Makassar. Disertasi.Tidak diterbitkan. Makassar: PPS UIN Alauddin Makassar.

Sanjaya, Wina. (2009).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2005) Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2013).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosary. (2010).Metode Penelitian Pendidikandan Pengembangan. Jakarta: Kencana Media Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2006).Prosedur Penelitian. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Syaefudin U. S. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thohri Muhammad. (2013).Pengambangan Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa Perguruan Agama Islam. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandung: Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep,Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahyuni. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Peserta Didik Kelas X SMA YAPIP Sungguminasa Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAlauddin Makassar.

Yahdi, Muhammad. (2013).Pembelajaran Microteaching. Makassar: Alauddin University Press.

Yaumi, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: Alauddin University Press.

Diterbitkan
2019-01-24
Abstrak viewed = 469 times